Home Bandara Sambut Kepulangan Jemaah Haji di Bandara Soetta, Menko PMK: Tidak ada karantina

Sambut Kepulangan Jemaah Haji di Bandara Soetta, Menko PMK: Tidak ada karantina

0

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan bahwa jemaah haji yang tiba di tanah air tidak menjalani karantina.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Muhadjir Effendy yang juga merupakan Menteri Agama ad interim saat menyambut kepulangan jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), pada Jumat (15/7/2022) malam.

“Pemerintah memastikan tidak ada karantina setelah kedatangan. Jadi sekali lagi, tidak ada karantina,” kata Muhadjir kepada wartawan di Terminal 2 Bandara Soetta, Tangerang, Sabtu (16/7/2022) dini hari.

Meski begitu, Menteri Agama ad interim menekankan bahwa protokol kesehatan harus menjadi perhatian utama bagi jemaah yang baru saja tiba di Tanah Air.

“Namun demikian kesehatan akan menjadi perhatian utama karena itu tetap menjaga protokol kesehatan dan beristirahat yang cukup. Saya berharap kepulangan jamaah haji ini semuanya dapat berjalan dengan lancar serta bisa berkumpul kembali bersama sanak saudaranya,” ujar Muhadjir.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 406 orang jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama tiba di Bandara Soetta, Tangerang pada Jumat (15/7/2022) pukul 23.44 WIB.

Jemaah haji asal DKI Jakarta dan Jawa Barat itu tiba di tanah air setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 10 jam dari Bandara King Abdulaziz (Jeddah) menggunakan maskapai Saudia dengan nomor penerbangan SV5630.

Saat turun dari pesawat, para jemaah haji masuk ke dalam gedung terminal dan melewati pengecekan suhu tubuh menggunakan thermo scanner.

“Jika jemaah terdeteksi demam atau (suhu tubuh) di atas 37 derajat, langsung berkordinasi dengan satgas Covid-19 untuk penanganan seperlunya,” kata Muhadjir.

Apabila suhu tubuh jemaah normal, mereka dapat langsung menuju Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Terminal 2F untuk pemeriksaan dokumen keimigrasian.

Setelah selesai pemeriksaan keimigrasian, para jemaah langsung menuju bus yang telah disiapkan di apron Terminal 2F. Selanjutnya mereka akan diantarkan ke Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta melalui pintu keluar Apron Timur Bandara Soetta.

“Kita doakan semuanya mudah mudahan yang haji semua memdapatkan predikar haji mabrur. Artinya hajinya semua ibadahnya diterima Allah SWT,” harap Menko Muhadjir. (Rmt)