Beranda Berita Kecamatan Sobang Miliki Berbagai Potensi Untuk Tingkatkan Ekonomi

Kecamatan Sobang Miliki Berbagai Potensi Untuk Tingkatkan Ekonomi

0

Kacamatan Sobang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten sebagai wilayah yang dekat dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung sangat memiliki berbagai potensi yang bisa meningkatkan ekonomi kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan Plt.Camat Sobang, Hasan Bisri, SE,MM yang dihubungi melalui telephon selulernya, Senin (05/12/2022).

Menurut Hasan Bisri yang juga Staf Ahli Bupati Pandeglang ini, masyarakat Kecamatan Sobang yang merupakan wilayah transmigrasi antar pulau jawa dengan berbagai bahasa sehingga yaitu berbahasa Indonesia, sunda, dan jawa yang hidup rukun dan damai penuh kemajemukan. Sehingga tidak salah ada nama kampung sesuai daerah asalnya, seperti Kampung Jawa, Kampung Garut, Kampung Sumedang dan yang lainnya.

Plt.Camat Sobang, Hasan Bisri, SE,MM

“Ya betul Sobang sangat memiliki potensi yang bisa dikembangkan dan diangkat ke publik sehingga bisa dilirik pemerintah dan investor yang bisa meningkatkan ekonomi kesejahteraan masyarakat dan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan investasi yang menjanjikan,” ungkap Plt. Camat.

Dijelaskannya, Kecamatan Sobang salah satu yang ada di Kabupaten Pandeglang terletak kurang lebih 60 KM, sebagai kecamatan pemekaran yang tujuan untuk memudahkan pelayanan yang optimal dan kesejahteraan masyarakat yang adil dan merata memiliki luas wilayah wilayah 10,944 Hektar dengan jumalah penduduk 36,296 jiwa, dengan jumlah 8 desa yaitu Desa Sobang, Kutamekar, Kertaraharja, Bojen, Pangkalan, Teluklada, Bojen Wetan dan Cimanis yang sebelumnya merupakan Kecamatan Cigeulis dan Panimbang sebelum dipekarkan oleh Pemkab Pandeglang.

“Sebagian besar masyarakatnya petani, ini merupakan asset yang cukup potensi bagi pembangunan daerah dalam upaya mendukung visi misi Kabupaten Pandeglang,” kata Hasan Bisri mantan Camat Saketi ini.

Kedudukannya sangat strategis Kata Hasan, karena merupakan salah satu Kecamatan yang sebagaian besar penghasilan masyarakatnya dari sektor pertanian, Perkebunan dan hasil kayu dari sektor Kehutanan. Disamping itu Kecamatan Sobang juga merupakan Daerah yang sangat potensial di bidang Agrowisata karena wilayahnya merupakan kawasan pertanian dan perkebunan yang cukup luas terutama tanaman pertanian dan holtikultura.

“Kecamatan Sobang merupakan daerah dataran dan perbukitan penyanggah daerah pesisir pantai dengan curah hujan relatif banyak sehingga rata-rata 3,739 MM per bulan, dan di wilayah utara merupakan wilayah pesawahan dan berbukit-bukit. Kecamatan Sobang dengan segala kelebihan dan kekurangannya memiliki potensi yang cukup produktif untuk dikembangkan sebagai daerah pertanian, industri dan wisata,” ujarnya.

Dijelaskannya, pertanian sawah maupun kebun merupakan keunggulan Kecamatan Sobang, persawahan di wilayah Kecamatan Sobang merupakan persawahan subur yang cukup memiliki air sehingga dapat ditanami tanaman padi maupun tanaman unggulan (hortikultura) sepanjang tahun.

“Kecamatan Sobang juga kaya dengan berbagai hasil keterampilan kerajinan tangan (home industry) dan industri kecil (UMKM) dibidang produk makanan sebagai unggulan,” terangnya.

“Letak Kecamatan Sobang yang dekat dengan daerah parawisata Tanjunglesung juga memiliki potensi yang dapat dikembangkan sebagai daerah yang dapat menunjang perkembangan wisata Agro dan wisata alam maupun menjadikan Sobang sebagai salah satu alternative tujuan wisata alam,” sambungnya lagi.

Adapun yang menjabat sebagai camat di wilayah Administratif Kecamatan Sobang diantaranya yaitu Camat Anwari Husnira, Fuji Widodo, Ace Wawan, Dani Ramdani, Atep Purnama, Subro Mulisi, Sukendar, Engkos Kosasih, Yayan Trikaryana dan Hasan Bisri hingga saat ini. (Den)