Home Berita Belasan Rumah warga di Cibarani Pandeglang Terendam Banjir

Belasan Rumah warga di Cibarani Pandeglang Terendam Banjir

0

Sejumlah rumah di Kampung Cibarani, Desa Cibarani, Kecamatan Cisata terendam banjir akibat intensitas curah hujan tinggi sejak pukul 15.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB malam hari.

Kepala Desa Cibarani, Cecep Muhidin mengatakan, intensitas curah hujan yang cukup tinggi sejak sore hari sampai malam hari sehingga akibatnya belasan rumah terendam banjir.

“Tadi hujan mulai besar dari jam 15.00 WIB sampai air mulai naik tadi habis magrib. Sementara ini kondisi semakin membesar (tinggi air) kisaran 1 meter. Warga mengungsi ke rumah tetangga,” kata Kepala Desa Cibarani, Cecep Muhidin saat dikonfirmasi, Rabu (7/12/2022).

Cecep mengungkapkan, selain dari faktor intensitas curah hujan tinggi, banjir tersebut terjadi lantaran Sungai Cilempang yang meluap.

“Dikarenakan dampak dari sungai makin mengecil, dan banyak sampah terus makin mendangkal. Jadi imbasnya naik ke rumah warga,” ungkapnya.

Sementara Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, Rahmat Zultika mengatakan, dengan adanya banjir tersebut akibat intensitas curah hujan tinggi, dirinya sudah mengerahkan anggota untuk ke lokasi terdampak banjir.

“Iya hujannya lebat hingga terjadi banjir, anggota sudah diturunkan ke lokasi, kita tim 24 jam siap siaga, nah untuk berapa rumahnya kita belum dapat datanya berapa rumah yang terendam jadi hanya genangan aja gitu, tapi saya dapat info tim yang sudah disana banjir udah mulai kembali surut sedikit-sedikit,” katanya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat dengan kondisi cuaca intensitas curah hujan tinggi agar tetap siap siaga, terutama yang lokasi rawan banjir.