Beranda Berita KPK Dorong Pemkab Pandeglang Pasang Alat Kontrol Transaksi Pajak

KPK Dorong Pemkab Pandeglang Pasang Alat Kontrol Transaksi Pajak

0

Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang untuk memasang penggunaan alat kontrol transaksi online penerimaan pajak daerah.

Kasatgas KPK wilayah II Agus Priyanto mengatakan, pendapatan daerah di Kabupaten Pandeglang masih belum optimal. Maka diperlukan alat penunjang untuk membantu meningkatkan pendapatan daerah.

“Terkait dengan Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda), bagaimana kita mengoptimalisasi pendapatan asli daerah, kalau menurut saya di Pandeglang potensinya belum digali,” ungkapnya pada acara rapat koordinasi di Pendopo Pandeglang dan DPRD Pandeglang, Kamis (8/6/2023).

Pemasangan alat ini nantinya dapat dioptimalkan melalui Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Pandeglang untuk merekam penerimaan pajak hotel, restoran, hiburan dan parkir yang menjadi sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah).

“Beberapa waktu lalu kita sarankan dipasangkan bisa Register POS bisa Tapping Box jadi metodenya macam-macam yang penting real, semuanya bisa dipantau,” kata Agus.

Adanya alat itu, lanjut Agus, dapat mencegah penyelewengan pajak sehingga memperkecil peluang kebocoran dari sisi penerimaan keuangan daerah.