Beranda Bandara Hari Kelima Operasi Patuh Jaya 2023, Polisi Tegur Puluhan Pengendara di Bandara...

Hari Kelima Operasi Patuh Jaya 2023, Polisi Tegur Puluhan Pengendara di Bandara Soetta

0

Operasi Patuh Jaya 2023 pada Jumat, 14 Juli 2023 di wilayah hukum Polresta Bandara Soekarno-Hatta menggelar operasi bidang lalu lintas di Jalan P1, Jalan P2, dan Jalan Perimeter Utara Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Kasat Lantas Polresta Bandara Soetta Kompol Bambang Askar Sodiq dalam keterangannya mengatakan, hari kelima operasi patuh pihaknya memberikan teguran terhadap puluhan pengendara yang tidak tertib lalu lintas.

“Hari ini tidak ada yang ditilang, penindakan ETLE juga nihil. Tapi kami mencatat ada teguran kepada 65 pengendara. Selain itu kami juga membagikan brosur kepada pengendara,” kata Kompol Bambang, Jumat (14/7/2024).

Dijelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan guna mewujudkan kawasan Bandara Soekarno-Hatta yang aman, nyaman, dan tertib berlalu lintas bagi masyarakat pengguna jasa.

“Serta sebagai upaya nyata mitigasi mencegah terjadinya kemacetan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polresta Bandara Soekarno Hatta,” terangnya.

Diketahui, operasi Patuh Jaya 2023 akan digelar selama 14 hari, mulai tanggal 10 Juli 2023 sampai dengan 23 Juli 2023, dengan mengkat tema ‘Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Adalah Cermin Moralitas Bangsa.’

Tujuan operasi di bidang lalu lintas ini adalah untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas, serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Operasi ini dilaksanakan melalui penegakan hukum lalu lintas dengan tilang elektronik (ETLE) baik statis maupun mobile dan teguran.

Mengingat karakteristik masyarakatnya yang berbeda dari kebanyakan Polres lainnya di wilayah hukum Polda Metro Jaya, maka Polantas di Bandara Soetta juga menerapkan pendekatan yang berbeda dalam pelaksanaan Operasi Patuh Jaya 2023 ini.

Kompol Bambang AS menjelaskan, Operasi Patuh Jaya 2023 di wilayah Bandara Soekarno Hatta sengaja dibuat sedikit berbeda di antaranya dengan memprioritaskan sosialisasi, imbauan, serta edukasi tertib berlalu lintas kepada pengemudi kendaraan umum, seperti ojek online (Ojol), taksi, dan angkutan umum lainnya.

Selain itu, lanjut Kompol Bambang AS, sinergi dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder yang ada juga dijadikan kunci keberhasilan Operasi Patuh Jaya 2023 di Bandara Soekarno Hatta. Di antaranya kolaborasi dan sinergi dengan TNI, Avsec, serta stakeholder lainnya. (Rmt)