Beranda Bandara Bandara Soetta Pastikan Kesiapan Fasilitas dan Layanan Penerbangan Haji 2024 dengan Standar...

Bandara Soetta Pastikan Kesiapan Fasilitas dan Layanan Penerbangan Haji 2024 dengan Standar Tinggi

0
Konter fast track keimigrasian Arab Saudi (Makkah Route) di Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

PT Angkasa Pura II menetapkan standar tinggi dalam mempersiapkan fasilitas dan pelayanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk memudahkan calon jemaah haji melakukan penerbangan ke Mekah.

Keberangkatan calon haji mulai pada 12 Mei – 10 Juni 2024 dan kepulangan 22 Juni – 22 Juli 2024. Bandara Soekarno-Hatta memegang peran yang sangat penting dalam proses haji sebagai gerbang utama bagi para calon jemaah haji Indonesia.

Adapun pada tahun ini, sebanyak 128 kelompok terbang (kloter) dari DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Jabar di Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi dengan total 53.621 calon jemaah haji akan berangkat melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Guna memudahkan proses perjalanan para calon haji, sebanyak 12 konter fast track keimigrasian Arab Saudi (Makkah Route) telah disiapkan di Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Melalui Makkah Route, para jemaah haji dapat melakukan pendaftaran dan verifikasi dokumen secara terpusat di Bandara Soetta, sehingga membantu dan mengurangi waktu untuk proses administrasi keimigrasian jemaah haji.

Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soetta, M Holik Muardi mengatakan, selain Makkah Route, berbagai sarana fasilitas lainnya juga telah ditambahkan, seperti kursi pada ruang tunggu, penyediaan tempat ibadah (mushola), hingga penambahan toilet portable.

“Dengan persiapan yang matang dan penerapan standar tinggi dalam fasilitas dan pelayanan, Bandara Soekarno-Hatta berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang aman, nyaman, dan teratur bagi para jamaah haji,” kata Holik pada Kamis (9/5/2024).

“Kami menyadari pentingnya perjalanan ini bagi para jamaah haji dan kami bertekad untuk menjadikan pengalaman mereka di bandara ini sebagai bagian yang mulia dan tak terlupakan dari perjalanan spiritual mereka menuju Tanah Suci,” tambah Holik.

Holik menuturkan, dalam melayani calon jemaah haji tahun 2024, Bandara Soetta mengerahkan total 3.296 personel petugas guna kelancaran operasional selama keberangkatan dan kepulangan jemaah haji.

Selain itu, Bandara Soetta terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama, otoritas terkait, maskapai penerbangan, dan pihak berwenang lainnya untuk memastikan kelancaran dan keselamatan perjalanan haji.

“Kami telah berkoordinasi dengan Kementerian Agama Republik Indonesia dan juga perwakilan Pemerintah Saudi Arabia dan lembaga terkait lainnya dalam menyiapkan fasilitas angkutan haji,” ujar Holik.

“Melalui koordinasi yang intensif, kami berupaya untuk memastikan bahwa setiap aspek perjalanan haji, mulai dari pendaftaran hingga kedatangan di Tanah Suci, berjalan dengan lancar dan efisien. Kerjasama ini merupakan bentuk komitmen kami sebagai pengelola bandara untuk menyediakan pelayanan terbaik bagi para jemaah haji dan memastikan keselamatan serta kenyamanan mereka selama proses keberangakatan ke Tanah Suci,” pungkasnya. (Rmt)