Home Berita Pamulang Equestrian Centre Lahirkan Kuda Pacu dan Peternakan Pertama di Indonesia

Pamulang Equestrian Centre Lahirkan Kuda Pacu dan Peternakan Pertama di Indonesia

0

Pamulang Equestrian Centre (PEC) didirikan pada tahun 1982 dengan nama semula yaitu Pamulang Stud and Stable dan Pamulang Riding School.

PEC merupakan peternakan kuda yang saat itu mendatangkan 2 pejantan kuda Thoroughbred, yakni persilangan kuda Arab dan Eropa.  Saat itu juga, peternakan Pamulang menjadi pusat kuda pertama di Indonesia. “Maksud didatangkannya 2 pejantan Thoroughbred dari Australia adalah untuk memperbaiki ras kuda lokal. Dari sinilah lahir bibit-bibit kuda pacu,” ujar Jodipati Bimo selaku Stabling Manager PEC kepada tangerangonline.id.

Selain beternak kuda, PEC juga membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin mengenal dan belajar berkuda. “Kami menyediakan kuda-kuda terlatih dan instruktur yang profesional,” ucapnya.

Mengenai tarif berlatih kuda, kata Jodi, ada pilihannya. Untuk satu kali pertemuan dibanderol Rp 250 ribu per 30 menit. Ada juga paket Intensive Lesson, yakni Rp 750 ribu untuk 4 kali pertemuan. “Paket Intensive Lesson tidak ada kadaluarsanya. 4 kali pertemuan bisa dijadwalkan sesuai dengan waktu senggang customer. Jadi tidak ada kata hangus,” tegas Jodi.

Di hari-hari tertentu, banyak anak-anak yang belajar tentang kuda ke PEC. “Kami juga punya program edukasi kuda. Biasanya, anak-anak usia 7 tahun ke bawah berlatih memandikan kuda, memberi makan kuda, hingga menunggangi kuda di sini,” tuturnya.

PEC juga menyediakan ‘kos-kosan’ kuda, sambung Jodi, yakni layanan perawatan kuda dengan dilengkapi kandang, obat-obatan dan pemberian vitamin. “Semacam penitipan kuda gitu. Biayanya berkisar Rp 3 Juta per bulan. Itu belum termasuk biaya obat-obatan dan vitamin,” selorohnya.

Menurut Jodi, berkuda merupakan salah satu olahraga yang memiliki beberapa manfaat seperti meningkatkan konsentrasi, menguatkan otot, memperbaiki postur tubuh, dan mengendalikan kontrol tangan, kaki dan punggung. (Muf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here