Home Berita Ada Bambu Putih di Bambu Apus

Ada Bambu Putih di Bambu Apus

0
Dadi Ramlih, Kasi Ekonomi dan Pembangunan di Kelurahan Bambu Apus menuturkan asal usul nama Bambu Apus.

Bambu Apus adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Pamulang. Dulu,  Kampung Bambu Apus bagian dari Desa Kedaung. Pada tahun 1983, Bambu Apus dimekarkan menjadi kelurahan sendiri.

Saat dikonfirmasi oleh tangerangonline.id, salah satu staf kelurahan Kasi Ekonomi dan Pembangunan,  Dadi Ramlih menuturkan bahwa penamaan Bambu Apus bukan tanpa sebab. “Dulu Kampung Bambu Apus itu kebon bambu, ada beragam jenis bambu yang ada di sini,” paparnya, Selasa (19/4/2016).

Kantor Lurah Bambu Apus. Konon, ada bambu putih di Kampung Bambu Apus. Lalu hilang diambil orang.
Kantor Lurah Bambu Apus. Konon, ada bambu putih di Kampung Bambu Apus. Lalu hilang diambil orang.

Mulai dari bambu iket, haur hejo, petung, tali, dan lain sebagainya. Tapi ada satu jenis bambu unik yang terdapat di Kampung Bambu Apus. Yakni bambu putih. “Entah itu bentuk bambunya seperti apa saya nggak tahu. Saya dapet cerita dari engkong (kakek atau leluhur) saya kalo dulu di Bambu Apus itu ada bambu putih. Diceritakan secara turun temurun,” papar Dadi.

Menurut Dadi, keunikan bambu putih mampu menarik simpatik banyak orang. Hingga suatu saat, bambu putih tersebut tiba-tiba hilang diambil orang. “Karena ilang diambil orang, jadinya warga sekitar nyebut ‘Bambu Apus’, dengan maksud bambunya udah nggak ada, udah diapus,” selorohnya.

Benar adanya, semasa Dadi kecil, Kampung Bambu Apus memang dikelilingi oleh kebon bambu. “Tapi sekarang kebonnya udah nggak ada, diganti ama genteng (maksudnya perumahan dan gedung-gedung),” pungkas Dadi. (Muf)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here