Home Berita Kota Tangerang Buka Layanan KTP El Sabtu-Minggu

Kota Tangerang Buka Layanan KTP El Sabtu-Minggu

6
SHARE

Untuk mempercepat pelayanan Perekaman KTP Elektronik (KTP El), Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang membuka pelayanan pada Hari Sabtu dan Minggu. Bahkan, pelayanan perekaman KTP El pada Sabtu dan Minggu tersebut dilakukan dengan sistem jemput bola ke warga langsung.

Pemkot Tangerang meminta kepada warga Kota Tangerang yang belum melakukan perekaman untuk segera melapor ke pihak kecamatan maupun kelurahan dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK).

“Lurah dan Camat terus sosialisasikan kepada masyarakat terkait kewajiban mereka,” ujar Wakil Walikota Sachrudin saat memberikan arahan dalam Rapat Evaluasi Kewilayahan di Ruang Akhlakul Karimah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (29/8/2016).

“Termasuk soal perekaman KTP, jangan sampai masyarakat kurang terinformasikan,” sambungnya.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Pemkot Tangerang, sampai bulan Agustus 2016 tercatat sebanyak 240 ribu warga Kota Tangerang belum melakukan perekaman, sedangkan untuk batas akhir perekaman sebagai instruksi dari pemerintah pusat adalah 30 September 2016. Untuk itu, Sachrudin menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk melakukan jemput bola dengan terjun langsung ke masyarakat mendata warganya yang belum melakukan perekaman.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang, Erlan menjelaskan bahwa pihaknya selama ini telah mengerahkan dua unit mobil perekaman KTP El yang nanti akan mengunjungi warga yang belum melakukan perekaman.

“Dalam satu hari, rata-rata ada 100-200 warga yang kita layani lewat fasilitas mobil keliling tersebut,” terangnya seraya menjelaskan bahwa¬† bagi warga yang mau dikunjungi mobil perekaman E-KTP, bisa menghubungi langsung pihak kelurahan masing-masing.

Namun demikian, Erlan juga meminta kepada warga Kota Tangerang untuk proaktif dalam mengurus administrasi kependudukan, dengan memberikan data yang valid. Karena, menurutnya masih banyak ditemukan data kependudukan yang ganda.

“Sebenarnya kalau datanya benar cukup bawa KTP dan KK ke kantor kecamatan bisa langsung melakukan perekaman. Cuman ada juga yang agak lama prosesnya karena datanya enggak muncul, itu bisa karena NIKnya ganda atau emang belum terdata,” papar Erlan.

Erlan juga berharap agar warga Kota Tangerang tidak gampang panik terutama terkait dengan adanya aturan yang mengharuskan KK ditandatangani oleh Kepala Dinas Dukcapil.

“KK yang tidak ada tandatangan basah Kepala Dinas tetap berlaku. Oleh karenanya masyarakat tidak perlu membuat KK baru asalkan data anggota keluarganya tidak berubah,” tegas Erlan menyikapi banyaknya masyarakat yang secara masif mengajukan permohonan pembuatan KK baru padahal data anggota keluarganya tidak berubah. (Acp)

6 COMMENTS

    • Pelayanan Mobil keliling e-KTP hingga saat ini masih ada, dan untuk jadwalnya bisa langsung ditanyakan ke kelurahan masing-masing kang..

  1. Kalo ktp pindahan dr luar daerah gmn yah urus nya, surat ket pindah dr daerah asal sudah ada, mau buat ektp el di tangerang, apa kita perlu minta surat pengantr dr rt/rw, kelurahan, kecamatan , lalu ke dukcapil nya, mohon penjelasan nya terima kasih

    • Untuk membuat e-ktp di kota tangerang.

      kalau udah pernah bikin e-ktp di daerah asal (pernah melakukan perekaman e-ktp), langkah awalnya:
      -datang ke kecamatan asal tinggal, minta mentransfer NIK ke kecamatan yang dituju.
      -kalau udah di transfer NIK nya, lalu datang ke kecamatan yang dituju dengan membawa Surat Keterangan Pindah dari kecamatan asal.
      -lalu minta arahan dari pihak kecamatan yang dituju untuk pembuatan e-ktp nya.

      Kalau belum pernah membuat e-ktp, yang bersangkutan langsung datang ke Disdukcapil dengan membawa Surat Keterangan Pindah dan Minta arahan dari pihak Disdukcapil untuk membuat e-ktp.

      Sekian langkah-langkah membuat e-ktp di Kota Tangerang. Terima Kasih…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here