Home Berita Tugu Perjuangan Serpong Bakal Disiapkan Taman

Tugu Perjuangan Serpong Bakal Disiapkan Taman

0

Pasca penertiban bangunan liar (bangli) yang berada di sekitar Tugu Perjuangan Rakyat Serpong, pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Kantor Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) bersiap membangun taman di area tugu yang berada di perempatan Cisauk Serpong, Kamis (1/9/2016).

Kepala Kantor Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Yanuar menjelaskan, pasca penertiban pihaknya juga siap melakukan pemagaran dan segera mendorong kepada Dinas Tata Kota agar area tugu dijadikan taman dan sebagai situs sejarah.

“Sementara hari ini kita lakukan pemagaran dan segera akan kita dorong melalui Dinas Tata Kota agar tahun ini dibuatkan detail enginering design (DED) untuk dijadikan taman dan situs sejarah sesuai sejarah tugu tersebut,” ucapnya kepada tangerangonline.id.

Pengamat budaya dan sejarawan, TB Sos Rendra turut mengapresiasi tindakan tegas yang dilakukan pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel membongkar bangli yang selama ini menghimpit tugu bersejarah yang dibangun pada 27 Desember 1949 silam.

“Saya mengapresiasi tindakan yang dilakukan Pemkot, hal itu tepat dilakukan sebagai upaya dalam menghargai para pendahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan,” tuturnya.

Diketahui, tugu tersebut didedikasikan masyarakat Serpong untuk memperingati kegigihan para pahlawan saat melawan pendudukan NICA (Belanda). Tepatnya, pada 26 Mei 1946 saat pertempuran dengan Belanda pecah. (Bar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here