Home Berita Ini Ternyata Alasan Dinas Terendah Serap APBD Tangsel 

Ini Ternyata Alasan Dinas Terendah Serap APBD Tangsel 

0

Dinas Tata Kota Bangunan Perumahan dan Permukiman (DTKBPP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tidak menampik bahwa pihaknya menjadi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan serapan anggaran terendah pada APBD Tangsel 2016. Namun jebloknya serapan anggaran tersebut,  pihaknya memiliki alasan tersendiri.

Sekretaris DTKBPP Mukodas Syuhada mengatakan rendahnya serapan yang didapat berakibat kepada Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) yang cukup tinggi. Dngan adanya serapan anggaran rendah, masyarakat selalu tertuju kepada DTKBPP lantaran banyak pekerjaan teknis dibawah tanggung jawabnya.

Padahal, kata Mukodas, ada kegiatan diluar dugaan sebagai penyebab Silpa seperti belum diserahkannya dokumen pendukung dari dinas pengusul kegiatan atau ada masalah lainnya.

“Contohnya Dishub mau bangun Terminal Pondok Cabe yang terserap hanya Rp 24 miliar dari Rp 80 miliar yang dianggarkan,” katanya beralasan.

Selain itu, lanjut Mukodas, ada kendala teknis seperti pembebasan lahan untuk pembangunan gedung yang menjadi kendala ketika sudah selesai di lelang dan dikontrak. “Perpusda kendala lahannya digugat masyarakat, terus ada Kelurahan Sawah juga ada masalah Tanah, kalau lambat ditangani bisa potensi silpa,” ujarnya.

Sedangkan untuk mengatasi masalah itu, diungkapkan Mukodas, pihaknya juga telah mengusulkan seiring dengan telah disahkannya perda Operasi Perangkat Daerah (OPD) agar ada lembaga instansi yang mengurusi masalah nonteknis sehingga Tata Kota kedepan fokus dalam pembangunannya saja. “Kami usulkan seperti itu agar lebih efektif dalam pekerjaan fisik,” ungkapnya. (Ded)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here