Home Agenda Jawara Muda Ramaikan Jurus Serempak Padepokan se-Tangsel

Jawara Muda Ramaikan Jurus Serempak Padepokan se-Tangsel

1

Para jawara tergabung dalam Forum Silaturahmi Perguruan Silat dan Budaya Tradisional Kota Tangerang Selatan (Persibrata) mengikuti latihan gabungan (Latgab) pada pagi hingga siang tadi di area Car Free Day (CFD) Bintaro, Pondok Aren, Tangsel.

Sekira 1500 pendekar berasal dari 60 padepokan di Tangsel tercatat turut menyukseskan ajang yang salah satu sesinya menggelar ‘jurus serempak’ tersebut. Di antara barisan jurus serempak, para jawara muda tampak mendominasi rangkaian acara. Bahkan sebagian besar padepokan yang berpartisipasi pada gelaran Latgab kali ini, menyertakan para pesilat remajanya.

Salah satu peserta jurus serempak, Siska mengungkapkan rasa senangnya bisa turut andil dalam ajang Latgab. Menurutnya, ajang ini positif bagi seni silat di Tangsel dan dirinya bisa memperkenalkan jurus silat yang menjadi ciri khas padepokannya.

“Kami dari Laskar Betawi sangat antusias sekali untuk ikut acara ini, karena kan melalui acara ini kita bisa memperkenalkan jurus yang sudah kita pelajari,” kata pesilat cantik asal perguruan Laskar Betawi Tangsel ini.

Siska berharap agar acara Latgab atau sejenisnya bisa terus diadakan. 

“Saya berharap acara ini semoga bisa terus dilakukan setiap tahun. Melalui acara ini kita juga dapat mengetahui jurus- jurus apa saja sih yang belum kita ketahui,” ujar Siska.

Soleh, peserta jurus serempak dari Perguruan Silat Kong Baman di Kademangan Setu, menyatakan hal serupa. Selaku remaja yang sedang gandrung menekuni seni budaya silat sangat senang ikut acara Latgab. 

“Latihan gabungan buat silaturahmi, tambah teman, saling mengenal juga keinginan sama jaga budaya kita,” ujarnya singkat.

Pihak panitia tidak menyangka kegiatan Latgab meliputi ‘jurus serempak’ dan ‘jalan sambut’ serta ramah tamah di padepokan terdekat lokasi CFD Bintaro tersebut, direspon antusias tinggi dari padepokan se-Tangsel.  “Alhamdulillah, dengan persiapan yang hanya dua minggu saja, kita bisa membuat acara dengan antusias yang sangat bagus dari setiap padepokannya,” ujar Ketua Panitia Latgab Fosil Persibatra, Ibrahim Mulud kepada tangerangonline.id, Minggu (18/9/2016).

(Baca Juga Berita: Jawara se-Tangsel Unjuk Jurus Silat di Area CFD Bintaro)

Ia menegaskan, tujuan acara yang diadakan sejak jam 07.00 WIB pagi tadi dan dihadiri Dewan Pembina Fosil Persibrata tersebut adalah sebagai ajang silaturrahmi dari setiap padepokan dan sekaligus persiapan untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tangsel.

“Setiap padepokan mempunyai jurusnya masing-masing, nah pada acara ini mereka menunjukan jurus yang menjadi ciri khas padepokannya, seperti latihan bersama saja sekaligus kita juga ingin mempersiapkan 5000 pesilat untuk memeriahkan pada acara HUT Tangsel,” jelas pria akrab disapa Baim. (Tan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here