Home Berita Koramil 10 Balaraja Sukseskan Program Sejuta Jamban

Koramil 10 Balaraja Sukseskan Program Sejuta Jamban

0

Dalam rangka menciptakan lingkungan bersih dan pemukiman sehat, Koramil 10 Balaraja Kodim 0506 Tangerang turut menyukseskan program sosial kemasyarakatan Gerakan Sejuta Jamban. Program tersebut dicanangkan komando atas di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk Koramil 10 Balaraja direalisasikan di Desa Parahu Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang.

Berdasarkan hasil pendataan yang dilaksanakan oleh Babinsa setempat, dari data yang ada, kasus ketidakpunyaan Jamban warga di Desa Parahu hampir mencapai 30 persen dari jumlah penduduk desa tersebut. Oleh karenanya, Koramil 10 Balaraja berinisiatif merealisasikan program jambanisasi yang telah dicanangkan oleh Komando Atas itu.

Danramil 10 Balaraja, Kapten CBA Sugiyana mengatakan, hingga saat ini pihaknya sudah melakukan pembangunan jamban di sejumlah wilayah binaannya. Diharapkan, dengan adanya program ini selain agar kesehatan masyarakat terjamin, juga agar meningkatkan kepedulian masyarakat akan hidup sehat dan terus mengkampanyekan agar masyarakat membudayakan hidup sehat.

“Sukses atau tidaknya Gerakan Sejuta Jamban, bukan hanya tanggung jawab anggota TNI dan Pemerintah Daerah semata, melainkan Masyarakat yang harus ikut andil dan mendukung kegiatan tersebut. Keberhasilan program ini tentunya harus dilandasi kerja sama maksimal lintas sektoral. Artinya, baik TNI, pemerintah dan masyarakat harus memberikan andil,” ucapnya dengan semangat, Jumat (14/10/2016).

Sugiana melanjutkan, program Sejuta Jamban dapat diwujudkan berkat kerja sama yang sinergi dengan BFI Finance di wilayah Balaraja. Untuk itu ucapan terima kasih kepada Ibu Debora Purboasih selaku Branch Manager PT. BFI Finance Indonesia Tbk, yang telah ikut serta membantu dalam mensukseskan Program Sejuta Jamban ini yang turut hadir pada saat penyerahan Jamban kepada warga di Desa Parahu.

Sementara itu, Ketua RT 04 Desa Parahu, Rutaya (40) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danramil 10 Balaraja beserta anggotanya yang telah membangun Jamban di tempatnya. Sebagai warga yang awam, saya melihat bahwa program ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI terhadap persoalan yang dihadapi Masyarakat. Sungguh, sepertinya tidak semua elemen masyarakat memiliki kepedulian seperti ini, terutama di tengah-tengah perkembangan gempuran nilai-nilai global yang materialistis, konsumtif dan hedonis. Perlu kita apresiasi keikhlasan pengabdian anggota TNI Koramil 10/Balaraja ini.

“Dengan dibangunnya Jamban ini harapan besar kepada warga masyarakatnya agar semakin memahami perilaku hidup bersih dan sehat serta penyebaran berbagi penyakit akibat lingkungan kotor akan semakin berkurang,” pungkasnya.

Dengan program ini diharapkan dapat dijadikan stimulus bagi komponen masyarakat yakni upaya peningkatan kesehatan masyarakat. Sehingga Dinas Kesehatan setempat tidak perlu repot-repot melaksanakan sanitasi. (Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here