Home Berita Nelayan Tanjung Pasir Gelar Pesta Larungan

Nelayan Tanjung Pasir Gelar Pesta Larungan

0

Puncak perayaan pesta nelayan nadran syukuran laut 2016 dilaksanakan warga pesisir di Pantai Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Senin (31/10/2016).

Pesta nelayan nadran laut atau yang dikenal oleh nelayan sebagai pesta larungan tersebut merupakan tradisi dari seni budaya leluhur yang dipercaya oleh masyarakat Tanjung Pasir sebagai penolak kesialan (Tolak Bala) atas hasil bumi yang telah diperoleh masyarakat sekitar.

Ketua panitia pesta laut larungan, Baihaqi menjelaskan, acara yang dihelat dalam pesta laut larungan tersebut, diantaranya sedekah laut, pawai perahu hias, pagelaran pencak silat, pagelaran kesenian karinding, pagelaran musik etnik, kontes dangdut pantura, marathon, wayang kulit, pagelar seni budaya Tangerang.

“Pada umumnya, dalam pesta laut ada satu perahu yang disebut sebagai perahu penganten, dimana perahu tersebut berisikan sesajen yang akan dilepas di laut. Perahu tersebut berisikan kepala kerbau, ikan bakar, kelapa kuning, pisang, ayam bakar, jagung, sayuran, kemenyan dan hasil bumi lainnya, yang dikeringkan ketengah laut,” ujar Baihaqi.

Lanjutnya, pesta laut ini juga dikenal masyarakat sebagai simbol ekonomi, serta apresiasi atau rasa syukur kepada yang maha kuasa karena telah memberikan rezeki kepada nelayan atas hasil tangkapannya di laut.

“Kami mengadakan acara ini tidak terlepas dari wujud syukur kami atas rezeki yang telah diberikan yang maha kuasa, atas hasil tangkapan kami ketika tengah melaut mencari ikan,” pungkasnya.

Rencana, pesta tersebut juga akan dihadiri calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, Wahidin Halim-Andika Hazrumy. (Yan)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here