Home Berita Badri Kembali Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Badri Kembali Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

0

Sosialisasi empat pilar kebangsaan terus dilakukan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, H. Ahmad Subadri. Kali ini digelar di Aula Kantor Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang dengan audiens meliputi pengurus DPK KNPI dan Karang Taruna Kemiri, OKP, aparatur Pemerintah Kecamatan, dan pelajar.

Empat Pilar kebangsaan dimaksud, yakni Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara, UUD 1945 sebagai landasan konstitusional, Ketetapan MPR bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan konsensus yang harus dijunjung tinggi, serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara, kekayaan bangsa, serta modal dan semangat pemersatu bangsa.

“Untuk itulah, kami inginkan generasi muda pasca reformasi perlu terus menerus diberikan pemahaman tentang Empat Pilar Kebangsaan, sehingga untuk menghadapi masa depan bangsa ini akan lebih tegak dan kokoh dalam berbangsa dan bernegara menuju cita-cita proklamasi,” terang senator Dapil Banten ini.

Kebebasan berpendapat, menurutnya, memang menandai lahirnya era reformasi. Namun dirinya mengingatkan tidak dimaknai bebas tanpa batas. Kesalahan pemahaman tersebut menyebabkan kendurnya nilai-nilai agama dan nilai-nilai keakraban sosial. Tentu saja, hal tersebut sangat mengkhawatirkan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bila silosialisasi empat pilar MPR RI adalah acara resmi kenegaraan, lanjut H. Badri, dasar hukumnya adalah UU No 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD. Dalam UU itu, MPR bertugas mensosialisasikan Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika.

“Masyarakat Provinsi Banten, khususnya Kabupaten Tangerang, pasti memiliki rasa Kebangsaan dan persaudaraan yang tinggi. Ini terlihat dari antusias mereka yang mengikuti sosialisasi ini sampai akhir,” jelasnya.

Dalam momen ini, semoga generasi muda patuh pada UUD 1945 untuk menjadi keutuhan NKRI dengan Kebinekaannya dalam payung Pancasila. “Penting adanya roh kebangsaan. Bila ada roh maka akan ada kebangkitan, bila ada kebangkitan maka akan ada kehidupan,” tukas H Badri (Yan)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here