Home Berita Ki Mas Laeng, Makam Panglima Padjajaran di Tigaraksa Ramai Peziarah Malam

Ki Mas Laeng, Makam Panglima Padjajaran di Tigaraksa Ramai Peziarah Malam

6

Ki Mas Laeng dipercaya merupakan sosok Patih atau panglima perang dari kerajaan Padjajaran, yang makamnya di Desa Pasir Nangka, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Semasa hidupnya, Ki Mas Laeng menurut riwayat gugur ketika diutus oleh raja untuk menyerang kerajaan Demak yang sedang menyebarkan agama Islam di Banten.

Samawi (50), juru kunci makam yang sering mengantar para peziarah ke makam Ki Mas laeng ini menjelaskan, pengunjung selalu ramai. Bahkan pada malam hari, peziarah terbilang banyak. Bagi orang yang pertamakali datang akan kesulitan untuk menemukan pemakaman Ki Mas Laeng, karena dari pemukiman warga harus menempuh jarak 1 Km dan melewati ratusan pohon bambu.

Makam Ki Mas Laeng ini sering dikunjungi oleh para peziarah (nyekar) dari berbagai daerah. Pada malam hari selalu ramai, khususnya malam Jumat dan malam Sabtu.

“Menurut mitos yang beredar, setiap para peziarah yang datang kemari mempunyai niat berbeda, yang sering saya tau, mereka yang nyekar disini kebanyakan niatnya untuk dipermudahkan dalam soal pekerjaannya,” terang Samawi kepada tangerangonline.id, Minggu (11/12/2016).

Makam Ki Mas Laeng ini sendiri diapit oleh dua makam lain, yaitu makam keturunan dari Ki Mas Laeng, yang semasa hidupnya mengurusi makam Ki Mas Laeng.

Makam keramat ini lanjut Samawi, menjadi tempat sering dikunjungi lantaran memiliki nilai sejarah panjang dan tak tertinggal pula dari mitos yang beredar.

“Saya sih tak tau persis, apakah mereka yang nyekar di makam ini doanya dikabulkan atau tidak, tapi kalau positifnya mereka yang datang kemari berdoanya hanya untuk Allah tapi melalui Ki Mas Laeng,” jelas pria pencari Bambu ini.

Pemakaman Ki Mas Laeng ini samakin ramai dikunjungi oleh para peziarah. “Mereka yang datang dan berdoa disini rata-rata datanganya tengah malam, dan mereka pulang terkadang ada yang sampai pukul 4.00 WIB atau sebelum subuh,” lanjutnya.

Sedangkan untuk para peziarah yang ingin ziarah ke makam Ki Mas Laeng, tak perlu membawa hal macam-macam, cukup dengan niat terhadap Allah. (Yan)

6 COMMENTS

  1. Ass..wrwb mohon maaf kami dari pengurus makam kimaslaeng. itu mohon di ralat mengenai alamat dari makam tsb . karna makam keramat kimaslaeng itu terletak di daerah kp.mampelem ds.matagara kec.tigaraksa kabupaten tangerang banten dan mohon maaf itu mengenai juru kunci bukan bpk Samawi . adapun ingin informasi lebih detailnya . tokoh kampung mampelem/ketua pengurus makam. Ust syamsudin 081314109216

  2. Kimaslaneg /ki sarja/ eyang jaya perkasa/ eyang batarakarang/ patih sumedang larang. Patih/tabib..
    Di syahatan sma syech mubarok. Si kuncung putih, penunggang kuda putih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here