Home Berita Pedagang Asinan Lestarikan Budaya Betawi dengan Boneka

Pedagang Asinan Lestarikan Budaya Betawi dengan Boneka

0

Pedagang kaki lima di sepanjang Jalan KH. Dewantoro, Kelurahan Ciputat, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, memiliki cara tersendiri melestarikan budaya lokal.

Seperti dilakukan Sigit yang berdagang makanan Asinan dengan bakat kreatifitasnya membuat boneka ala Betawi untuk dijual.

Tampak boneka ala Betawi dijualnya adalah boneka Ondel-Ondel. Hal ini untuk memperkenalkan budaya sekaligus melestarikan.

Meski, produk jualannya adalah Asinan, boneka yang dijualnya juga untuk menambah penghasilan.

“Kalau mainan jaman sekarang sudah banyak dan sudah melebar luas di kalangan pedagang  Sekolah Dasar (SD). Kalau menjual boneka ini kan memang jarang yang saya lihat di kalangan penjual SD,” ucapnya kepada tangerangonline.id, Selasa (21/03/17).

Sigit juga membeberkan secara singkat cara pembuatan boneka hasil karyanya itu. Cukup dengan bermodalkan cat, kuas, botol bekas dan kain. Bahan digunakan pun bisa dari barang-barang bekas, sehingga dapat mengurangi limbah barang bekas.

“Saya ingin pemuda pemuda Tangerang Selatan menjadi anak anak kreatif dan bisa melestarikan budaya Betawi agar bisa melebar luas di Kota Tangsel ini,” harapnya. (Fhm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here