Home Berita Dewan Pers Sebut Jumlah Media di Indonesia Terbanyak se-Dunia

Dewan Pers Sebut Jumlah Media di Indonesia Terbanyak se-Dunia

0

Berkembangnya era teknologi digital mendominasi kebutuhan informasi untuk masyarakat. Tak heran bila media online saat ini kerap kali bermunculan baik skala lokal maupun nasional. Sebab itu, Ketua Dewan Pers Yoseph Adi Prasetyo mengatakan, tidak mungkin Dewan Pers melakukan pembinaan media online tanpa ada asosiasi atau serikat media online.

Hal tersebut diungkapkan Yoseph saat menjadi pembicara pada Rakernas I Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Surabaya, Rabu (26/7/2017) yang bertajuk ‘Membangun Industri Media Siber yang Sehat’.

“Karena pertumbuhan media online pertumbuhannya luar biasa,” kata dia kepada awak media di Surabaya.

Dijelaskan juga, jumlah media di Indonesia terbanyak di dunia. Saat ini total media di Indonesia ada sekitar 47 ribu media, sedangkan yang terdata di Dewan Pers hanya sekitar 321 media cetak, dan 2000 media online.

Menurutnya, Indonesia tergolong aktif menggungkan internet, terbukti dari jumlah 262 juta penduduk Indonesia, pengguna internetnya sekitar 300 juta.

“Karena kebanyakan orang Indonesia memiliki banyak handphone,” ungkapnya.

Dia berharap dengan keberadaan SMSI dapat menangkal dan memverifikasi media yang memberikan informasi tak layak bagi masyarakat luas. (ed)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here