Home Agenda BPOM Sosialisasi Obat-Obatan di Pesantren Al Amanah Al Gontory Pondok Aren

BPOM Sosialisasi Obat-Obatan di Pesantren Al Amanah Al Gontory Pondok Aren

0

Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Serang, Provinsi Banten mensosialisasikan obat-obatan yang digelar di Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontary, Kelurahan Parigi Baru, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kepala BPOM Serang Nurjaya Bangsawan mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenal dan memahami lebih dekat jenis jenis obat-obatan yang sering disalahgunakan agar tidak terjerumus ke arah tersebut. Pasalnya, anak muda sekarang sangat minim pengetahuan tentang jenis narkoba, sehingga mudah terjerumus kearah tersebut.

“Kita mensosialisasikan bahaya narkoba dan berbagai macam narkoba seperti ganja, sabu, ektasi dan jenis jenis narkoba lainnya agar anak-anak mudah sekarang menegetahuinya sehingga mereka tidak menyalagunakan,” ungkap Nurjaya Rabu (9/8/2017).

Dirinya menghimbau kepada para seluruh siswa Pesantren Al-amanah Al-Gontary agar tidak menggunakan obat-obatan dengan sembarangan, karena itu dapat membahayakan kesehatan.

“Saya berharap semoga anak anak yang mengikuti kegiatan ini menjadi kepanjangan tangan kami untuk membantu menyebarkan informasi untuk mencegah penyalagunaan obat-obatan ditengah masyarakat,” harapnya.

Plt Kepala Dinas kesehatan Tangsel, Suhara Manulang saat mengisi materi diacara tersebut memaparkan, cara mengetahui ataubciri-ciri orang yang menyalagunakan narkoba yakn bisa dilihat dari sikap dan prilaku.

“Jika orang tersebut tertawa berlebihan dan merasa lapar orang tersebut memakai ganja sudah pasti. Jika ia memiliki rasa percaya diri yang berlebihan, maka ia bisa dikatakan menggunakan minuman keras sedangkan orang yang suka dipojok-pojok merasa tenang dan diam-diam menikmati orang tersebut menggunakan sabu dan sejenisnya,” paparnya.

Menurutnya, orang yang menyalagunakan narkoba berawal dari hal-hal yang kecil yakni dimulai dari merokok, karena rokok adalah pintu masuk narkoba.

“Dari merokok naik kelas dengan menghisap ganja, naik kelas lagi ke sabu, ektasi dan yang lainnya, sehingga terjerat sakau atau ketagihan dan tidak bisa kembali seperti semula,” ujar Suhara.

Sedangkan Anggota DPR RI dari Feraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Siti Masrifah yang menghadiri kegiatan tersebut menghimbau, kepada anak muda yang mengikuti kegiatan tersebut agar tidak mencoba untuk menyentuh dan menyalagunakan narkoba.

“Diharapkan kepada anak anak agar meningkatkan keimanan dan ketakwaannya dan berhati hati dalam memilih teman bergaul serta menyibukan diri dengan hal hal yang positif agar terhindar dari barang haram tersebut dan tidak mudah tergiur dengan bujuk rayuan orang,” harap Anggota Komisi IX DPR RI ini.

Sedikitnya, siswa Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory yang mengikuti kegiatan tersebut sekira 700 anak. (Ban)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here