Home Berita Kadindik Inginkan SD dan SMP se-Kota Tangerang Jalankan Program Adiwiyata

Kadindik Inginkan SD dan SMP se-Kota Tangerang Jalankan Program Adiwiyata

0

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Abduh Surahman mengintruksikan kepada seluruh Kepala SD maupun SMP se-Kota Tangerang untuk menerapkan program Adiwiyata pada sekolah yang dipimpinnya.

Menurutnya, sarana dan prasarana sekolah yang ada di Kota Tangerang sudah cukup siap untuk menerapkan adiwiyata.

“Jika dilihat dari segi bangunan, semua sekolah saya kira sudah cukup mendukung, terutama sekolah negeri. Jadi tinggal dijalankan saja,” ungkapnya saat menyambangi SDN Sangiang Jaya, Kamis (10/8/2017).

Abduh menjelaskan, selain faktor bangunan. Ada banyak sekolah di Kota Tangerang yang sudah meraih predikat Adiwiyata Nasional, bahkan tingkat Mandiri.

“Dalam syarat menuju sekolah adiwiyata mandiri, harus membina minimal 10 sekolah menuju adiwiyata tingkat Kota,” tambahnya.

Sehingga, dirinya menargetkan pada tahun ajaran 2017/2018 semua sekolah di Kota Tangerang sudah menjalankan Adiwiyata, minimal tingkat Kota.

“Sudah ada dua kecamatan yang hampir 100 persen Adiwiyata, yaitu Cipondoh dan Periuk. Jadi harapan saya wilayah lain bisa mengikuti,” singkatnya.

Sementara Aam Azimah, Kepala SDN Total Persada mengaku modal utama untuk menerapkan program Adiwiyata adalah kekompakkan dari seluruh guru terlebih dahulu.

“Setelah guru sudah kompak, kita akan sangat mudah mengatur para siswa untuk memulai pola hidup yang berwawasan lingkungan. Kemudian orang tua dan masyarakat sekitar tak lupa juga kita libatkan,” paparnya.

Aam menjelaskan, keberhasilan sekolah yang dipimpinnya meraih Adiwiyata mandiri bukan perkara yang mudah. Pasalnya, butuh komitmen yang kuat dalam membangun mindset para insan pendidikan di sekolahnya.

“Jika sekolah sudah menjadi tempat yang nyaman bagi siswa dan warga, maka keberhasilan-keberhasilan lainnya akan terus mengikuti,” pungkasnya. (Nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here