Home Berita Ini Alasan Rektor Unpam Larang Mahasiswi Bercadar

Ini Alasan Rektor Unpam Larang Mahasiswi Bercadar

0

Adab berpakaian yang diterapkan Rektor Universitas Pamulang (Unpam) dalam SK. Rektor Nomor: 338/A/U/Unpam/V/2017 merupakan acuan untuk mengatur kedisiplinan dan etika dalam berpakaian.

Rektor Unpam Dayat Hidayat menjelaskan, aturan baru soal larangan bercadar dimaksudkan agar mudah mengidentifikasi setiap mahasiswi yang mengikuti kegiatan perkuliahan.

“Kami ingin mahasiswa dan mahasiswi berkarakter, terutama dalam etika berbusana. Aturan itu juga pernah konsultasikan dan hasilnya kami tidak melarang hijab, namun untuk mahasiswi yang bercadar, kami kesulitan mengidentifikasinya dalam kegiatan perkuliahan,” ujarnya saat dihubungi tangerangonline.id, kemarin (10/8/2017).

Ia mengatakan, Unpam yang dikenal dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia, sehingga harus punya aturan yang akan mendukung keefektifan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kampus.

“Jadi prinsipnya untuk menciptakan mahasiswa dan alumni yang berkarakter, dilihat dari jumlah mahasiswa saat ini ada sekitar 70.000 orang, sehingga kalau nggak ada aturan yang jelas tentang adab berpakaian, maka bisa rusak kampus ini,” tegasnya.

Dayat menyatakan, larangan bercadar untuk mahasiswi yang sudah lama tidak langsung dikenakan sanksi lantaran diberikan waktu jeda sebagai penyesuaian untuk para mahasiswi yang sudah lama di Kampus.

“Aturan itu kita khususkan bagi mahasiswi baru tahun ini, adapun mahasiswi yang sudah lama atau taruhlah mereka semester dua tahun ini masih ada negosiasi untuk mencari solusi harus seperti apa, mungkin saat ada ujian harus buka cadar atau saat KBM berlangsung saja, setelah itu dipakai lagi,” paparnya. (Arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here