Beranda Berita Bandara Soetta Targetkan Raih Sertifikat Bintang 5 Skytrax

Bandara Soetta Targetkan Raih Sertifikat Bintang 5 Skytrax

0

PT Angkasa Pura II (AP II) menargetkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) meraih sertifikat bintang 5 dari Skytrax pada tahun 2019. Hal itu diungkapkan oleh Director of Airport Services & Facility AP II, Ituk Herarindri.

“Kami punya cita-cita, Soekarno-Hatta dan Kualanamu ingin kami dorong menjadi bintang 5 (Skytrax). Setelah ada kereta bandara dan setelah ada hotel di Bandara,” kata Ituk kepada wartawan di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Minggu (13/8/2017).

Bandara Soetta dapat memenuhi syarat meraih bintang 5 Skytrax dengan catatan sudah dilengkapi sarana transportasi kereta api dan ketersediaan hotel.

“Kami kurang 2 syarat itu, asal ada kereta bandara, ada hotel, Insya Allah bisa kita dorong menjadi bintang 5. Ada 330 item layanan yang harus kita improve versi Skytrax. Dan kami serius sekali, karena kami ingin bangsa Indonesia bangga memiliki bandara berkelas dunia,” ujarnya.

Diketahui, Bandara Soetta saat ini tengah memacu pengembangan guna meningkatkan standar pelayanan dimana dalam waktu dekat akan dilengkapi dengan transportasi publik kereta api untuk akses dari pusat kota Jakarta menuju bandara dan sebaliknya.

Di samping itu, AP II juga akan membangun 3 hotel di Bandara Soetta, yakni 2 hotel di Terminal 3 dan 1 hotal di kawasan bandara.

Selain kereta api untuk transportasi publik, AP II juga tengah menyiapkan operasional Skytrain yakni moda kereta tanpa awak yang menghubungkan Terminal 1, 2, 3, dan stasiun kereta sehingga memudahkan penumpang untuk berpindah terminal.

Sebagian hasil dari pengembangan tersebut Bandara Soetta meraih penghargaan The World Most Improved Airport 2017 juga dari Skytrax.

“Alhamdulillah, kami sebenarnya sudah diatas rata-rata . ASQ (Airport Service Quality) sekitar 4,5 dan Skytrax untuk Bandara Soekarno-Hatta bintang 3, bahkan menjadi The World Most Improved Airport 2017,” ujar Ituk.

Apabila sarana transportasi kereta api dan hotel yang sudah menjadi syarat Skytrax dapat beroperasi pada tahun 2018, AP II optimis Bandara Soetta dapat meraih sertifikat bintang 5 Skytrax.

“Insya Allah tahun depan. Tapi penilaian 2018 itu baru akan dipublish pada 2019. Tapi penilaiannya di 2018. Insya Allah bila ditahan ini selesai semua, di kuartal 1 atau 2 tahun 2018, kita bisa diaudit dan diumumkan nanti di 2019,” imbuhnya.(Rmt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini