Home Berita Pegawai Imigrasi Bandara Soetta Jalani Test Urine

Pegawai Imigrasi Bandara Soetta Jalani Test Urine

0

Sedikitnya 250 pegawai Imigrasi Kelas I Khsusus Soekarno-Hatta menjalani test urine oleh petugas Badan Narkotika Nasional (BNN). Kegiatan ini guna memastikan pegawai Imigrasi bersih dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

Usai mengikuti upacara yang dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi, satu-persatu petugas Imigrasi Bandara Soetta diabsen dan selanjutnya diberi wadah untuk pengambilan air seni mereka.

Tak hanya pegawai biasa, seluruh pejabat Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta juga ikut menjalani tes urine.

Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie mengatakan, tes urine ini dilakukan bertujuan guna mencegah peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di jajaran Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta (Soetta).

“Kegiatan ini merupakan upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika oleh pegawai sekaligus keikutsertaan Kantor Imigrasi di jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta mencegah peredaran gelap narkoba,” ujar Ronny saat ditemui di Kantor Imigrasi Bandara Soetta, Tangerang, Senin (18/9/2017).

Menurut Ronny, pemeriksaan urine terhadap pegawai Imigrasi Bandara Soetta bukan untuk mencari kesalahan si pegawai itu sendiri. Namun apabila ditemukan terbukti sebagai pengguna narkoba akan dikenakan sanksi.

“Ini kan bukan upaya mencari kesalahan, ini merupakan upaya pencegahan yang dilakukan secara dini sekaligus mengajak kepeduliannya untuk mendukung program pemerintah mencegah peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba,” ujar mantan Kapolda Bali ini.

Apabila lanjut Ronny, ditemukan ada pegawai yang positif (pengguna) tentu itu akan didiskusikan dengan Deputi Bidang Pencegahan BNN.

“Jika ada yang positif dan terbukti mengkonsumsi narkoba pasti ada sanksi. Namun, ini lebih kepada pembinaan agar mereka punya kepedulian dan menjauhi narkoba,” katanya.

Rencananya tes urine sebagai bentuk deteksi awal pengguna narkoba akan terus digelar di seluruh jajaran Direktorat Imigrasi Kemenkumham. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here