Home Berita Terbang Tanpa Bagasi Tercatat, Gunakan Fasilitas ini di Terminal 1C Bandara Soetta

Terbang Tanpa Bagasi Tercatat, Gunakan Fasilitas ini di Terminal 1C Bandara Soetta

0

Guna mempercepat dan mempermudah proses keberangkatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) maka mulai hari ini (10/11) bagi penumpang rute domestik Batik Air dan Citilink yang hanya membawa bagasi kabin akan diarahkan untuk melakukan pelaporan atau check-in melalui self check-in kiosk di lobi keberangkatan Terminal 1C.

Sejalan dengan hal tersebut, PT Angkasa Pura II (AP II) selaku pengelola Bandara Soetta telah menyediakan sebanyak 12 self check-in kiosk di Terminal 1C.

Di lobi keberangkatan Terminal 1C juga disiagakan personil bandara yang siap memberikan bantuan atau asistensi terkait dengan proses pelaporan melalui self check-in kiosk tersebut.

Adapun self check-in kiosk tidak dapat digunakan oleh penumpang hamil, membawa bayi, penumpang dengan pergerakan terbatas, penumpang dengan kebutuhan khusus, penumpang di bawah 16 tahun, penerbangan transfer internasional, dan jumlah penumpang lebih dari 9 dalam 1x pemesanan.
Penumpang dengan kriteria tersebut dapat melakukan check-in melalui check-in counter yang tetap tersedia di Terminal 1C.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, self check-in kiosk ini merupakan salah satu upaya AP II untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpang yang di mana mulai Jumat (10/11) baru diarahkan khusus untuk pemegang tiket rute domestik Batik Air dan Citilink.

“Kami optimistis kebijakan baru ini akan mengurangi antrian di check-in counter yang juga berdampak kepada semakin mudah dan cepatnya proses keberangkatan bagi penumpang sehingga dapat berdampak juga pada on time performance bandara maupun maskapai,” kata Awaluddin, Jumat (10/11/2017).

Adapun seluruh penerbangan rute domestik Batik Air dan Citilink di Bandara Soetta, baik keberangkatan dan kedatangan, saat ini dilayani melalui Terminal 1C.

Menurut survey yang dilakukan SITA untuk pre journey experience, 57% responden menyatakan mereka memilih untuk menggunakan self check-in kiosk ketika mereka ingin terbang.

Kebijakan AP II dalam penggunaan self check-in kiosk ini nantinya juga akan diimplementasikan pada Terminal 1A & 1B serta seluruh bandara AP II yang  merupakan bagian dari implementasi konsep pre journey smart airport untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang baik bagi para penumpang pesawat.

Untuk pre journey experience AP II juga berencana untuk mengimplementasikan e-boarding pass dalam waktu dekat untuk maskapai-maskapai yg beroperasi di bandara AP II.

Layanan ini secara perdana akan dimanfaatkan oleh Garuda Indonesia, dimana nantinya pemilik tiket Garuda bisa mendapatkan e-boarding pass di smartphone melalui aplikasi Indonesia Airports yg dikelola AP II. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here