Beranda Berita Jurus Menteri BUMN Bantu Atasi Kemacetan Jakarta

Jurus Menteri BUMN Bantu Atasi Kemacetan Jakarta

0

Menteri BUMN Rini Soemarno menegaskan akan terus mendorong pembangunan sejumlah jalan tol yang mangkrak di wilayah DKI Jakarta. Hal ini dilakukan guna membantu mengatasi permasalahan kemacetan yang semakin parah.

“Setelah dihitung-hitung, kemacetan di Jakarta tiap tahun menghabiskan puluhan triliun. Jadi, kita dorong supaya jalan tol yang mangkrak bisa dibangun untuk mengurai kemacetan,” katanya dalam acara BUMN Expose untuk peningkatan produktifitas dan Mobilitas Masyarakat di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (5/12/2017).

Menurut Rini, dirinya menemui banyak pemilik izin pembangunan jalan tol yang tidak dimanfaatkan izinnya. Padahal lanjutnya, terdapat rencana pembangunan tol yang telah mendapat izin dari Pemerintah sejak 1996 silam, namun tidak juga dibangun.

“Ada karena permasalahan lahan dan sebagainya sehingga belum dibangun. Kalau pakai anggaran APBN, tidak terkejar. Makanya, kita approach pada pemilik izin dan bicara pada Kementerian PUPR, kita kerjasama dengan pemilik izin, jalan tol harus diselesaikan,” imbuhnya.

Ia melanjutkan, upaya tersebut telah dilakukan pada pembangunan Tol Soreang-Pasir Koja. Dengan adanya dorongan dari BUMN dan kerjasama dari berbagai pihak, tol yang mangkrak kurang lebih 11 tahun tersebut kini telah selesai dan dapat digunakan.

“Contoh, yang diresmikan (jalan) Tol Soreang itu. Kita kerjasama dengan pemilik izin PT CLMJ, akhirnya Wika masuk dan mulai dibangun, kemudian selesai dalam 2,5 tahun. Ini efektif mengurai kemacetan Bandung, Soreang,” ujarnya. (Rmt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini