Home Berita Hari ini Jabatan Panglima TNI Diserahkan ke Marsekal Hadi Tjahjanto

Hari ini Jabatan Panglima TNI Diserahkan ke Marsekal Hadi Tjahjanto

0

Pagi ini, Sabtu (9/12/2017) berlangsung serah terima jabatan Panglima TNI dari Jenderal TNI Gatot Nurmantyo kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta-Timur.

Menurut buku panduan acara yang diterima tangerangonline yang ditandatangani Aspers Panglima TNI, Brigjen TNI Heri Wiranto, acara diawali dengan laporan Asrenum Panglima TNI, sambutan Panglima TNI, dan sambutan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Kemudian, dilanjutkan dengan sertijab Ketua Umum Dharma Pertiwi dan IKKT di Aula Gatot Subroto, Mabes TNI. Lalu, pengukuhan Nanny Hadi Tjahjanto sebagai Ibu Raksa Tri Anggana Tantri ( Ibu Asuh Wan TNI).

Siang hari, akan dilakukan tradisi pelepasan dan penerimaan Panglima TNI di Ruang Hening sampai Gerbang Utama. Dalam acara pelepasan, Jenderal Gatot didampingi Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan menuju Pos Pintu Keluar Mabes TNI, melewati pedang pora dan meninggalkan Mabes TNI.

Dalam acara penerimaan, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto beserta istri memasuki kompleks Mabes TNI, menerima laporan Pos Jaga, melewati jajar kehormatan pedang pora dan menerima laporan dari Kapusjarah TNI.

Kemudian, Panglima TNI memasuki loby Gedung Sudirman dan menerima laporan Pati Siaga Mabes TNI. Usai doa bersama, lalu menuju Wisma Yani, Taman Suropati, Jakarta, untuk menerima kunci kediaman Panglima TNI.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, lahir di Malang, 8 Nopember 1963. Ia adalah lulusan Akabri 1986 dan merupakan lulusan terbaik Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (SEKKAU) tahun 1994. Sebelumnya, ia menempuh Sekolah Penerbang pada tahun 1987.

Setelah mendapat pangkat Mayor, Hadi kemudian melanjutkan pendidikan di Sekolah Perang Ecole de Guiere di Prancis. Di Prancis, ia mempelajari manajemen perang, mulai dari perencanaan konsolidasi konflik sampai strategi perang.

Jabatan yang pernah disandangnya antara lain, Komandan Pangkalan Udara Adi Sumarmo Solo (2010-2011), Kadispenau (2013-2015), Danlanud Abdul Rachman Saleh Malang (2015), Sekretaris Militer Presiden (2015-2016), Irjen Kemhan (2016-2017), Kasau (2017) dan Panglima TNI (2017).

Dalam sejarah militer di Indonesia, Hadi, merupakan Panglima TNI Ke-3 dari Angkatan Udara, sepanjang sejarah.(MRZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here