Home Berita Pesta Nelayan Teluknaga Meriah

Pesta Nelayan Teluknaga Meriah

1

Pesta Nelayan 2018 atau hajatan Nadran di Tanjung Pasir, Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Senin (22/1/2018), berlangsung meriah.

Semua lapisan masyarakat yang sebagian besar bermata pencaharian nelayan berbaur merayakan rasa syukurnya kepada Tuhan YME dalam acara Nadran itu. Tampak Camat Teluknaga, Supriyadi dan jajaran Muspika Kecamatan Teluknaga dan tokoh masyarakat larut dalam kemeriahan Pesta Nelayan.

Kemariahan terlihat sejak banyaknya masyarakat memadati area pesisir tempat dilaksanakannya Nadran. Ketika camat beserta Muspika datang ke lokasi, acara dimulai dengan menggunting pita di pintu masuk acara. Sedangkan di pantai sudah banyak perahu nelayan berhias hasil bumi baik makanan, buah-buahan dan tanaman.

Camat Supriyadi pun menekankan, Nadran ini sebagai bagian tanda syukur para nelayan kepada Allah SWT.  “Kemudian tanda adab atau tanda etika, tanda sopan satun masyarakat terhadap lingkungan laut sebagai lahan tempat mencari nafkah. Mudah-mudahan etika ini, adab sopan santun ini mendapat berkah dari Allah dari kami warga Tanjung Pasir dan umumnya masyarakat Teluknaga,” ujarnya.

Ia mengajak masyarakat Tanjung Pasir berdoa dalam prosesi Nadran ini agar jauh dari marabahaya melaut dan diselamatkan dalam mencari Nafkah dan memperoleh hasil yang banyak dalam penangkapan ikan di laut.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Tangerang Hermawan, menjelaskan pesta laut ini bukan berarti melupakan Tuhan dan bukan arti mendualismekan kepercayaan masyarakat Tanjung Pasir.  “Dengan adanya acara laut ini mendapat berkah dari apa yang mereka upayakan selama melaut. Semoga dengan acara pesta laut ini masyarakat Tanjung Pasir lebih mendapatkan penghasilan, rizki yang banyak, karena usaha mereka dari hasil melaut,” doanya yang diamini para nelayan. (sam)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here