Home Berita Pasca Gempa, Rumah Warga Pinang Ambruk

Pasca Gempa, Rumah Warga Pinang Ambruk

0

Pasca bencana gempabumi yang terjadi di wilayah Provinsi Banten dan sekitarnya dengan kekuatan 6,1 SR, Selasa (23/01/2018) sekitar jam 13.35 WIB, salah satu rumah warga yang dihuni dua Kepala Keluarga (KK) di RT 01/03 no 42, Kelurahan Kunciran Jaya, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, ambruk. Peristiwa naas itu akibat tidak dapat menahan guncangan gempabumi kemarin.

Camat Pinang, M Agun DJ membenarkan, rumah berukuran 7 x 12 tersebut memang sudah reyot sebelum gempa bumi terjadi pada pukul 13.35 WIB.

“Jadi sebelum gempa, jam 11 atap rumahnya sudah ada tanda-tanda mau roboh. Kuda kuda rumahnya juga udah pada reot, ditambah gempa jam 1 an jadi ambruk,” ucap pria yang mempunyai sapaan akrab Agun, Rabu (24/1/2018).

Sesaat gempa bumi belum terjadi, lanjut Agun, dua KK beserta perabotan di dalam rumah itu sudah dievakuasi dan meninggalkan rumahnya ke kediaman saudaranya yang memang terletak tak jauh dari rumah tersebut.

Agun pun menjelaskan, sesungguhnya rumah yang dibangun dengan ala kadarnya atau tanpa pondasi ini memang sudah terdaftar dalam program bedah rumah pemerintah kota Tangerang. Namun proses pembangunan pada program tersebut belum dikerjakan.

“Rumah itu sebetulnya sudah masuk program bedah rumah, cuma karena diluar (fisik rumah) kelihatannya bagus jadi masuk pengerjaan nya masuk ke tahap kedua,” ucap Agun.

Setelah rumah tersebut roboh akibat guncangan gempa bumi, lantas pihak kecamatan pun langsung memecahkan masalahnya dengan membangun kembali rumah itu secara bersama-sama oleh warga setempat.

“Prinsipnya kami membangun kembali rumah itu. Dan saya sudah meminta kepada lurah untuk membentuknya, sudah kita pecahkan juga kebutuhannya. Serta untuk tenaga saya minta warga untuk mendorongnya. Beres sudah hal seperti ini sama saya” tandasnya. (Amd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here