Home Berita Menhub: Bandara Soetta Diharapkan Layani 100 Juta Penumpang

Menhub: Bandara Soetta Diharapkan Layani 100 Juta Penumpang

0
SHARE

Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi menyebut Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) ditargetkan dapat melayani 100 juta penumpang per tahun. Hal tersebut diungkapkan saat melakukan kunjungan kerja ke Bandara Soetta, Tangerang, Minggu (15/4/2018).

“Intinya Soetta akan meningkatkan kapasitas yang sekarang ini sudah 63 juta akan direncanakan bisa menampung kurang lebih 100 juta lebih. Kalau di terjemahkan dalam bentuk movement (pergerakan), kalau sekarang ini 81 per jam, nanti lebih dari 100 movement,” ujar Budi Karya.

Salah satu langkah yang dilakukan untuk mendukung peningkatan kapasitas dan pergerakan pesawat di Bandara Soetta adalah pembangunan Runway 3. Saat ini tengah dalam proses pembebasan lahan.

Selain Runway 3, Bandara Soetta juga tengah membangun east cross taxiway, yang berfungsi menghubungkan seluruh Runway yang ada.

“Yang kita bangun runway 3 disertai taxi, dan membangun cross taxiway, dan Cargo Village, karena permintaan barang banyak sekali, (nantinya) akan menampung kapasitas yang lebih besar, 2025 diharapkan kapasitas Soetta bisa menampung 100 juta penumpang,” jelasnya Budi Karya.

Mantan Dirut PT Angkasa Pura II ini menyebutkan, pembangunan taxiway (untuk Runway 3) sudah mencapai 10 persen. Dirinya juga mengklaim pembebasan lahan untuk keperluan pembangunan Runway 3 sudah lebih dari 50 persen lahan yang diperlukan.

“Sampai posisi Jumat kemaren proses pembayaran cukup gencar, kita sudah menyelesaikan 115 hektare dari 216 hektare. Kita akan selesaikan sekitar bulan Desember 2018. Pekerjaan ini dilakukan paralel, lahan yang sudah bisa dibangun untuk taxiway,” jelasnya.

Pembangunan Runway 3 sendiri ditargetkan selesai pada Agustus 2019 mendatang. “Runway, 16 bulan diselesaikan, sekitar Juli – Agustus 2019,” tandasnya. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here