Home Berita 27 Ribu Pohon Mangrove Ditanam di Ketapang Mauk

27 Ribu Pohon Mangrove Ditanam di Ketapang Mauk

0

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Pemuda Tangerang Utara (Himaputra) menggelar acara penanaman pohon mangrove secara simbolis di wilayah kampung nelayan Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang yang melibatkan elemen pemuda, masyarakat, nelayan dan pelajar SMA, kemarin (24/4/2018).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Heri Wibowo mengatakan, sebanyak 27 ribu pohon mangrove akan ditanam di wilayah Ketapang ini, karena merupakan salah satu program kegiatan fasilitasi pembangunan kawasan Budidaya Tahun Anggaran 2018 melalui Dinas Perikanan.

Kepala Dinas Perikanan dalam sambutannya mengatakan, pihaknya akan melakukan penanaman pohon mangrove, adapun guna penanaman mangrove ini sangat berguna bagi habitat yang ada di laut.

“Semoga dari penanaman ini dapat berguna dan berkelanjutan, untuk itu perlunya pemeliharaan terhadap pohon yang ditanam ini,” ucapnya.

Jenis pohon yang ditanam seperti, Alba, Apiculata, Stylulata, Chylindrata. Dari pohon yang ditanam ini nantinya untuk Pemeliharaan melalui relawan yang telah mendapatkan pelatihan sebelumnya. “Nantinya, melalui relawan yang telah dilatih akan melakukan pemeliharaan terhadap pohon mangrove yang telah ditanam ini,” imbuhnya.

Untuk itu, ia menghimbau kepada para elemen masyarakat, pemuda untuk peduli terhadap kelestarian wilayah Ketapang ini.”Kegiatan ini sangat positif dan diharapkan kepada seluruh unsur terkait dapat menjaga dan memelihara tanaman yang telah di tanam ini,” harapnya.

Sementara, Camat Mauk Heru Ultari mengatakan, pihaknya sangat menyambut positif. Diharapkan dengan tanam pohon mangrove ini dapat bermanfaat dan tumbuh dengan baik bagi wilayah ini.

“Semoga dengan adanya program tanaman mangrove ini dapat tumbuh dan bermanfaat bagi lingkungan setempat juga mengantisipasi adanya abrasi pantai di wilayah ini,” harapnya.

Sementara itu Ketua Himpunan Mahasiswa Pemuda Tangerang Utara Ahmad Satibi yang juga relawan mangrove mengharapkan melalui penanaman pohon mangrove ini dapat bermanfaat baik ekosistem laut dan bagi masyarakat dan kelestarian wilayah laut khususnya di wilayah Kecamatan Mauk.

Ia juga berharap setelah penanaman mangrove ini kedepannya bisa menjadi tempat obyek wisata mangrove yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Mauk. (sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here