Home Berita Lagi, Avsec Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster di Bandara Soetta

Lagi, Avsec Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster di Bandara Soetta

0

Petugas Aviation Security (Avsec) kembali menggagalkan penyelundupan Baby Lobster atau Benih Lobster di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Rabu (2/5). Sebanyak 22 plastik berisi ratusan benih lobster diamankan.

Branch Communication Manager Bandara Soetta Haerul Anwar mengatakan, pencegahan penyelundupan ini berawal dari kecurigaan petugas Avsec pada tampilan X-ray terhadap koper tersebut. Kemudian dilakukan pemeriksaan secara manual.

“Pada saat koper tersebut dibuka, ditemukan 22 kemasan plastik yang berisi benih lobster dan langsung diamankan oleh petugas kami,” kata Haerul kepada tangerangonline.id di Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (2/5/2018) malam.

Haerul menjelaskan, ketika mengetahui koper miliknya diperiksa dan diamankan petugas, penumpang tersebut diduga meninggalkan area Security Check Point (SCP).

“Setelah dilakukan pemeriksaan secara manual, petugas kami tidak menemukan pemilik koper tersebut. Kemungkinan, yang bersangkutan pergi setelah aksinya diketahui petugas,” ujar Haerul.

Petugas Avsec kemudian menyerahkan koper berisi benih lobster tersebut ke Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu BKIPM Jakarta I Bandara Soetta.

Menurut Haerul, pemeriksaan penumpang dan barang bawaan penumpang di Bandara Soetta akan terus diperketat. Upaya ini untuk menutup celah pelaku penyelundupan.

“Pemeriksaan penumpang dan barang bawaan penumpang terus kami perketat. Hal ini untuk mengantisipasi dan mencegah upaya penyelundupan agar tidak lolos dari Bandara Soetta,” tegas Haerul.

Terpisah, Kepala Seksi Pelayanan Teknis BKIPM Jakarta I, Rosyihan Anwar mengatakan, koper berisi benih lobster tersebut telah diterima oleh pihaknya. Total barang bukti benih lobster tersebut sebanyak 990 ekor.

“Benih lobsternya sudah kita terima, rencananya besok akan dilepasliarkan ke habitat aslinya. Sementara kasus ini ditangani oleh Polresta Bandara Soetta,” kata Rosyihan.

“Sebelum dilepasliarkan, beberapa ekor benih lobster ini akan disisihkan untuk dijadikan barang bukti,” tambahnya. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here