Home Berita Lolos di Kendari, Koper Berisi Baby Lobster Diamankan di Bandara Soetta

Lolos di Kendari, Koper Berisi Baby Lobster Diamankan di Bandara Soetta

0

Penyelundupan benih Lobster kembali terjadi melalui transportasi udara. Terbaru, sebuah koper berisi benih lobster ditemukan di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Rabu (2/5/2018).

Informasi yang dihimpun, koper yang berisi ratusan benih lobster tersebut adalah bagasi tercatat dari penumpang pesawat Batik Air rute Kendari – Ujung Pandang – Bandara Soetta (CGK).

Dengan kata lain, koper tersebut lolos dari pemeriksaan petugas Bandara sebelumnya, hingga tiba dan diamankan oleh petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Soetta.

Pemilik koper tersebut berencana menyelundupkan benih Lobster itu ke Singapura (SIN) dengan menggunakan maskapai yang sama. Hal ini terlihat dari label tanda bagasi terdaftar (baggage tag) dengan kode CKG – SIN yang melekat pada koper tersebut.

Bahkan untuk mengelabui petugas, pada koper berwarna hitam itu melekat stiker ‘Fragile’. Seolah-olah koper tersebut berisi benda pecah belah.

Namun petugas Avsec Bandara Soetta tidak mudah terkecoh dengan tampilan bagasi penumpang transit itu. Petugas kembali memeriksa koper tersebut menggunakan mesin X-Ray.

Branch Communication Manager Bandara Soetta Haerul Anwar mengatakan, berawal dari kecurigaan petugas Avsec pada tampilan X-ray terhadap koper tersebut. Kemudian dilakukan pemeriksaan secara manual.

“Pada saat koper tersebut dibuka, ditemukan 22 kemasan plastik yang berisi benih lobster dan langsung diamankan oleh petugas kami,” kata Haerul kepada tangerangonline.id di Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (2/5/2018) malam.

Benih lobster itu kemudian diserahkan dan ditangani oleh petugas Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Jakarta I Bandara Soetta.

Sementara pelaku penyelundupan atau pemilik koper tersebut kini tengah dalam pengejaran pihak berwajib. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here