Home Berita Dishub Cek Bus dan Sopir di PO Bus Citra Raya

Dishub Cek Bus dan Sopir di PO Bus Citra Raya

0
SHARE

Guna meminimalisir kecelakaan pada angkutan kendaraan umum di momen arus mudik di Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Perhubungan  (Dishub) dan Kepolisian Resort Kota (Polresta) Tangerang menggelar uji cek persiapan bus dan sopir di salah satu Perusahaan Otobus (PO) di Citra Raya, Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten. Dalam kegiatan itu, sopir bus dites kesehatan umum dan tes urine.

Pj Bupati Tangerang, Komarudin menjelaskan, pengecekan dilakukan pihaknya bersama jajaran Polresta Tangerang, merupakan sebuah bentuk antisipasi dan untuk menimalisir angka kecelakaan pada arus mudik besok.

“Dari pemeriksaan ini diketahui bahwa armada dalam kondisi laik jalan dan sopir dalam kondisi sehat,” jelasnya kepada awak media, Jumat (8/6/2018).

Komarudin melanjutkan, pemeriksaan kesehatan sebagai upaya pencegahan saat perjalanan mudik. Mengingat salah satu penyebab kecelakaan adalah ketidaklayakan bus dan pengemudinya.

“Ada serangkaian tes yang dijalani oleh sopir dan kernet meliputi cek kolesterol, gula darah dan tensi. Sementara, untuk tes urine narkoba kepada sopir dan kernet akan dicek bersama pihak BNN pada tanggal 10 Juni 2018,” tegasnya.

Kepala Dishub Kabupaten Tangerang Bambang Mardi menambahkan, untuk bus dicek uji KIR serta kelengkapan surat kendaraan. Dari hasil pengecekan, semua kendaraan dalam kondisi baik.

Bambang menjelaskan, pengecekan difokuskan pada bus antar kota antar provinsi (AKAP), dengan tujuan Jawa atau Sumatera.

“Kita juga akan ramp chcek di seluruh pul bus yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang,” ucapnya. (Yan)