Home Berita KPU Kota Tangerang Uji Publik Jelang Pemilihan Umum 2019

KPU Kota Tangerang Uji Publik Jelang Pemilihan Umum 2019

0

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menggelar acara uji publik Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan sosialisasi penyusunan daftar pemilih pada pemilihan umum tahun 2019.

Acara yang berlangsung di Hotel Soll Marina, Jalan Gatot Subroto, KM 5,3 Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang ini dihadiri sekitar 50 peserta yang tergabung dari Partai Politik, LSM, Ormas serta Instansi terkait.

Ahmad Syailendra, Komisioner KPU Kota Tangerang Perencanaan dan Data menjelaskan, Acara ini bagian dari KPU menyampaikan informasi kepada stakeholder yang berhubungan dengan pemilu 2019.

“Diantaranya informasi tahap daftar pemilih tetap (DPT) pada Partai Politik, kemudian juga kepada lembaga terkait yaitu Disdukcapil, Ormas, OKP dan lain lain,” ujarnya kepada awak media, Rabu (11/07/2018).

Syailendra menjelaskan, acara tersebut dibuat agar proses tahap pemutakhiran data bisa lebih baik lagi, karena KPU Kota Tangerang di tahun 2018 tidak ada kegiatan teknis.

“Jadi DPT Despilkada 2018 ditambah pemilih pemula, jadilah DPS pemilih 2019 yang sudah kita ketuk palu di tanggal 17 juni kemarin,” katanya

“Sekarang tahapnya sedang proses penyusunan hasil tanggapan dan masukan masyarakat. Dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) ke Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan yang disingkat menjadi (DPSHP). Nanti tanggal 16 sampai 18 itu ada kegiatan rapat rekapitulasi di tingkat kelurahan, kemudian tanggal 18 sampai 20 di tingkat kecamatan, dan nantinya tanggal 22 di Kota,” tambahnya.

Syailendra membeberkan, saat ini teman teman KPU yang ada di Kelurahan sama sedang melaksanakan uji publik. Dan Uji publik tersebut ada beberapa kegiatannya.

“Yang pertama itu sasarannya RT dan RW di undang, untuk menjadi DPS yang kita sudah ketuk palu kemarin itu di umumkan di Kelurahan. Kemudian nanti hasilnya di berikan kepada RT dan RW setempat untuk diberikan hasilnya kepada masyarakat yang di bantu oleh temen temen TPS yang ada,” bebernya.

Selain itu, Syailendra menambahkan, KPU Kota Tangerang juga membuka stand pengaduan masyarakat yang belum terdaftar menjadi pemilih. Dan stand tersebut berada di Mall Tangcity, Apartemen Karawaci, beberapa tempat lainnya dan juga di car free day.

“Jadi masyarakat yang belum terdaftar bisa mengadu kepada stand stand yang sudah KPU buat. Selain itu, ada juga stand di 104 Kelurahan atau bisa langsung mengadu kepada KPU Kota Tangerang,” pungkasnya. (Amd)