Home Berita KPK Tangkap Kalapas Sukamiskin

KPK Tangkap Kalapas Sukamiskin

0

Deretan kasus korupsi kembali terjadi, kali ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Kepala Lapas Sukamiskin Bandung, Wahid Husen di kediamannya, Sabtu dini hari, (21/7/2018).

Diketahui, Wahid menjabat sebagai Kalapas Sukamiskin di Jalan AH Nasition Kota Bandung sejak 4 bulan lalu. Lapas Sukamiskin Bandung merupakan lapas khusus narapidana Tindak Pindak Korupsi (Tipikor).

Wakil Ketua KPK, Laode M. Syarif mengatakan, dalam operasinya KPK menyita barang bukti awal berupa uang dan kendaraan. “Uang tunai rupiah dan valas yang sedang dihitung serta kendaraan juga diamankan sebagai barang bukti awal,” ungkap Laode.

Tim KPK, menurut Laode, melakukan penindakan di Lapas Sukamiskin setelah mendapatkan informasi dari masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut pihak KPK menangkap enam orang, termasuk Kepala Lapas Sukamiskin Wahid Husen dan pihak swasta.

“Enam orang tersebut telah dibawa ke kantor KPK di Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut. Seperti ketentuan di KUHAP, KPK diberikan waktu paling lama 24 jam sebelum penentuan status hukum pihak-pihak yang diamankan. Hasilnya akan disampaikan melalui konferensi pers,” terang Laode.

Ia juga mengatakan, dalam operasi itu tim satgas KPK menggeledah beberapa kamar tahanan. Salah satunya kamar tahanan narapidana tipikor pencucian uang Fuad Amin dan TB Haeri Wardana.

Namun, kedua narapidana tidak ada di tempat karena sedang dirawat di rumah sakit di luar lapas sehingga KPK hanya melakukan penyegelan kamar tahanan. (ed)