Home Berita Napi Kasus Penganiayaan Kabur di PN Tangerang

Napi Kasus Penganiayaan Kabur di PN Tangerang

0

Satu orang tersangka penganiayaan berinisial RS kabur saat menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Rabu (25/07/2018).

Kaburanya satu tersangka ini, dibenarkan Kepala Kejakaan Negeri (Kejari) Tangerang, Robert Peter Adrian Palelau, dikarenakan dirinya mendapat laporan adanya napi yang kabur sekira pukul 16.00 WIB.

Robert mengatakan, sadarnya satu dari tiga puluh narapidana ini kabur, saat sidang akan dimulai.

“Totalnya kan ada 30 narapidana yang akan sidang. Tetapi pas mau sidang ada 29 narapidana,” ujar Robert kepada awak media di halaman Kejaksaan.

Robert menjelaskan, meskipun napi tersebut berhasil kabur. Namun, jejaknya terekaman oleh CCTV yang ada di Pengadilan Tangerang.

“Kami cek CCTV, napi tersebut kabur ke arah kanan ke arah jalan Polres Metro Tangerang Kota. Celahnya napi tersebut bisa kabur, kerna jarak antara mobil tahanan ke ruang sidang agak jauh,” paparnya.

Robert meyakini, bahwa tersangka RS ini melepaskan borgolnya di dalam mobil tahanan. Dugaan kuatnya, tersangka ini dibantu rekanya untuk melepaskan borgol.

“Saya tidak yakin buka borgol sendiri, karena borgol itu kan besi, dan setiap napi pasti di borgol saat jalan keskni. Dan ini pasti ada yang bantu bukain borgolnya,” terangnya.

Saat ditanya, RS dari tahana Lapas mana, Robert enggan memberikan keterangan yang lebih rinci. “kami akan selidiki dulu tersangka ini di tahan d Rutan apa Lapas Tangerang,” imbuhnya.

Robert menjelaskan, untuk tingkat pengaman di PN Tangerang, sudah sesuai Standar Operasional Perusahaan (SOP).

“Seperti petugas kejaksaan, kepolisian, dan satpam pengadilan itu ada disini. Mungkin saja petugas kami lagi lengah saat itu sehingga bisa kabir napi tersebut,” kilahnya.

Dengan adanya satu tahanan yang kabur, Robert menambahkan, Kejaksaan Negeri Tangerang akan melakukan koordinasi dengan Polres Metro Tangerang Kota untuk meringkusnya kembali.

“Secepatnya akan koordinasi dengan polisi dan sipir-sipir Tangerang,” tukasnya. (Amd)