Home Berita Camat Kelapa Dua Segera Tinjau Bangunan Diduga Berdiri di Sempadan Jalan

Camat Kelapa Dua Segera Tinjau Bangunan Diduga Berdiri di Sempadan Jalan

0

Sebuah bangunan diduga dibangun di atas sempadan jalan Kampung Rumpak Sinang, Desa Pakulonan Barat, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Sedangkan untuk memastikannya, pihak kecamatan akan segera meninjau bangunan tersebut.

“Kita secepatnya akan meninjau bangunan yang berdiri di sempadan jalan di wilayah tersebut,” terang Camat Kelapa Dua, Dadan Gandana saat ditemui tangerangonline.id di ruang kerjanya, Selasa (31/7/2018).

Camat menengarai hampir 80 persen bangunan di wilayah itu berdiri di atas sempadan. Kondisi demikian terkait silsilah masyarakat dan adat di wilayah.

“Di wilayah tersebut bisa dikatakan banyak bangunan yang berdiri diatas sempadan jalan, kendati demikian, kami akan mengabil sebuah kebijakan dan tentunya kebijakan tersebut tidak akan merugikan pihak mana pun,” jelas Dadan.

Sedangkan terkait izin mendirikan bangunan (IMB), camat belum bisa memastikan ada di Kecamatan atau di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

“Jika untuk bangunan rumah dan kios itu saya pastikan IMB nya ada di kami, namun jika di luar kedua bangunan tersebut itu sudah kewenangan DPMPTSP Kabupaten,” tegasnya.

Oleh karenanya, sambung Dadan, pikanya akan secepatnya meninjau ke lokasi bangunan tersebut.

“Intinya kita akan tinjau bangunan tersebut, jika memang terbukti bersalah kami akan memberikan imbauan terhadap pihak terkait atau si pemilik bangunan, dan akan ditindak oleh Satpol PP Pemkab Tangerang,” imbuh Dadan.

Ia memberikan pemahaman mengenai penindakan bagi bangunan yang berdiri melanggar Peraturan Daerah (Perda) atau hukum yang berlaku, itu adalah wewenang Satpol PP Pemkab Tangerang.

“Jika memang bangunan tersebut salah, Satpol PP Pemkab Tangerang lah yang berwenang untuk menindak. Sedangkankami hanya sebagai pengawas saja,” tukas Dadan. (Yan)