Home Berita TMMD ke-102 Kodim 0510/Trs Non Fisik Gelar Penyuluhan Hidroponik

TMMD ke-102 Kodim 0510/Trs Non Fisik Gelar Penyuluhan Hidroponik

0

Tak hanya membangun infrastruktur jalan, rumah tak layak huni dan tempat ibadah, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Kodim 0510/Trs yang dilaksanakan di berbagai Kecamatan di Kabupaten Tangerang juga menerapkan masyarakat untuk berbudidaya tanaman secara hidroponik.

Budidaya tanaman secara hidroponik ini sangat cocot dilestarikan oleh masyarakat yang tinggal di kawasan perumahan. Pasalnya, cocok tanam ini tidak membutuhkan lahan luas dan sedikit attau jarang menggunakanmedia tanah, tak hanya itu, selain praktis, irit dan tanaman ini cepat untuk dipanen.

Di TMMD non Fisik 102 tahun 2018 mahasiswa Mercubuana mengajak masyarakat dan siswa SMAN 24  Kabupaten Tangerang untuk berbudidaya tanaman hidroponik. Kegiatan penyuluhan TMMD non fisik dilakukan di SMA 24 Kecamatan Pasarkemis Kabupaten Tangerang.

Diprakarsai Dr Nurul yang tak lain adalah Dosen dari Universitas Mercubuana Fakultas Pertanian, ia mengajak untuk mengembangkan usaha sayuran organik.

“Harapan kami, warga mulai tergugah untuk bercocok tanam dengan model hedroponik. Karena selain irit dan praktis, dengan budidaya ini, minimal kita bisa mencukupi kebutuhan sayur mayur sendiri tanpa harus belanja, ini juga bisa dijadikan komoditas untuk dijual di pasar,” ujarnya.

Menurutnya, upaya budi daya tanaman hidroponik melalui TMMD non fisik agar bisa menambah kegemaran warga dan para siswa SMAN 24 untuk berbudidaya tanaman hidroponik. Ini tak lepas dari peran Kodim 0510/Trs dalam melakukan sosialisasi kepada lapisan masyarakat.

“Dan ini salah satu motivasi yang diberikan dalam TMMD non fisik tahun 2018 yaitu, berbudidaya sayuran hidroponik seperti, kangkung, lobak, selada, tomat serta tanaman Cesim,” ucapnya.

Dalam kegiatan TMMD Non fisik di Wilayah Koramil 11/Pasar Kemis di hadiri sekitar 150 orang terdiri dari Ormas ibu-ibu PKK dan siswa-siswi SMAN 24 Kabupaten Tangerang.

Sementara di TMMD Reguler yang digelar di Kampung Cilaban, Desa Bojong Loa, Kecamatan Cisoka terus kebut pembangunan infrastruktur jalan, yang saat ini sudah masuk kedalam tahap pegecoran.

Setelah melakukan pengecoran jalan kini kembali mulai memasang besi bekisting untuk program pengecoran berikutnya untuk mengejar target jalan yang sudah di lakukan pengerasan sekitar 65 persen lebih.

“Papan diangkut menggunakan guna di pasang kembali di pinggir jalan pemasangan di lakukan Satgas kami. Bersama warga Cilaban papan Bekisting merupakan cetakan yang dibuat pada pengecoran jalan supaya diperoleh bentuk yang telah di tentukan lebara dan ketebalanya,” ujar Kapten Kav M Bakir Kordinator TMMD Reguler ke-102 Kodim 0510/Trs.

Pemasangan begisting berputa papan, plastik serta besi harus benar dan tepat supaya diperoleh bangunan yang berkualitas. Kuatnya beton jalan tak hanya bergantung pada konstruksi beton yang baik, tetapi juga dalam pemasangan bekisting yang benar.

Dengan pemasangan bekisting dan beton yang berkualitas baik, jalan beton hasil kerja Satgas TMMD 102 dan warga ini dipastikan bisa awet dan memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar Kampung Cilaban Desa Bojong Loa. (Yan)