Home Berita KPU Kabupaten Tangerang Tetapkan 695 Bacaleg

KPU Kabupaten Tangerang Tetapkan 695 Bacaleg

0
SHARE

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang menetapkan sebanyak 695 nama Daftar Caleg Sementara (DCS) dari 16 Partai Politik (Parpol) untuk Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten Tangerang pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Penetapan DCS itu digelar dalam rapat pleno yang berlangsung di kantor KPU Kabupaten Tangerang, Jalan Raya Syehk Nawawi Tigaraksa, Minggu (12/8/2018).

“Ada 695 bacaleg yang ditetapkan dalam DCS dari jumlah 702 yang awalnya terdaftar,” kata Ali Zaenal Abidin Ketua KPU Kabupaten Tangerang terhadap para awak media.

Berkurangnya jumlah bacaleg yang masuk dalam DCS, kata Ali, karena ada tujuh bacaleg yang tidak memenuhi syarat (TMS), hal itu diputuskan setelah pihaknya melakukan verifikasi berkas dokumen bacaleg yang diserahkan 16 partai politik peserta pemilu 2019 di Kabupaten Tangerang.

“Ada tujuh yang kami coret atau TMS karena beberapa faktor,” ujarnya.

Penyebab tujuh bacaleg tersebut tidak lolos dalam DCS, Ali merinci, ada satu bacaleg yang terdaftar ganda di dua partai berbeda, yakni di partai Hanura dan Berkarya, kemudian bacaleg tersebut memilih berkonsentrasi di partai Hanura.

Sementara untuk enam bacaleg lainnya, lanjut Ali menegaskan, yang tidak lolos DCS disebabkan beberapa hal, diantaranya tidak melengkapi berkas yang sebelumnya berstatus belum memenuhi syarat (BMS) hingga akhirnya berstatus TMS  dan mengundurkan diri.

“Ada lima yang tidak melengkapi berkas, yaitu satu dari partai Hanura dan PPP serta tiga dari partai Garuda. Karena tidak melengkapi berkas, maka kami anggap tidak memenuhi syarat. Sementara satu bacaleg dari partai Garuda mengundurkan diri,” jelasnya.

Lebih lanjut Ali, pihaknya akan mengumumkan DCS tersebut untuk diketahui oleh masyarakat. Ia juga menanti tanggapan dari masyarakat jika ternyata ada bacaleg yang berstatus mantan narapidana korupsi, bandar narkoba atau pelaku kejahatan susila, nasukan dan tanggapan dari masyarakat tersebut disampaikan secara tertulis maupun langsung datang kekantor KPU.

“Kami tunggu masukan dan tanggapan dari masyarakat dari tanggal 12 Agustus sampai 21 Agustus 2018, jika ada kami akan tindak lanjuti dn jika memang terbukti, bacaleg tersebut akan kami coret dan dinyatakan gugur,” tukasnya.

Untuk diketahui, masyarakat yang ingin menyampaikan tanggapan dan masukannya, bisa langsung datang ke kantor KPU Kabupaten Tangerang, di  Jalan KH. Syekh Nawawi No. 99, Matagara, Tigaraksa, Tangerang, Banten 15720, atau  dikirim melalui surat elektronik (email) dengan alamat surelhumas.kpukabtng@gmail.com. (Yan/Sam)