Home Bandara Bus Listrik Ramah Lingkungan Beroperasi di Bandara Soetta

Bus Listrik Ramah Lingkungan Beroperasi di Bandara Soetta

0

PT Angkasa Pura II (Persero) bersama PT Mobil Anak Bangsa (MAB) meluncurkan bus listrik yang ramah lingkungan di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Bus yang menggunakan listrik tersebut nantinya akan beroperasi di kawasan Bandara Soetta untuk memanjakan penumpang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin menjelaskan, bus yang masih prototype tersebut untuk saat ini masih dalam tahap operasi terbatas.

“Karena memang jam operasinya masih kita batasi, rencananya dalam satu hari kita akan operasikan pada periode jam 09.00 WIB sampai 10.00 WIB, kemudian nanti jam 12.00 WIB hingga 13.00 WIB. Untuk sore hari pukul 15.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB,” ujar Awaluddin di Terminal 1 Bandara Soettq, Tangerang, Jumat (31/8/2018).

Dirinya menjelaskan, dalam pengoperasian perdananya ini bus MAB ini akan memfasilitasi kontingen-kontingen Asian Games yang akan kembali ke negara asalnya.

“Dalam rangka kegiatan event Asian Games, Bandara Soekarno-Hatya masih disibukan dengan kepulangan kontingen dan atlet. Makan sementara bus ini akan dioperasikan hingga tanggal 7 September nanti untuk melayani kontingen Asian Games,” terang Awaluddin.

Ia mencontohkan, apa bila nanti ada kontingen yang terbang dari Palembang ingin transit di Bandara Soetta akan turun di Terminal 2.

Lalu ingin menuju Terminal 3 karena keberangkatan internasional ada di Terminal 3 Bandara Soetta maka kontingen ini akan diantarkan menggunakan bus MAB tersebut.

“Nanti dari Terminal 2 dan Terminal 3 akan diantarkan menggunakan bus MAB ini. Juga keperluan Asian Games yang main” tuturnya.

Bus yang mampu menampung hingga 60 orang tersebut menggunakan tenaga listrik yang berasal dari 12 baterai berkapasitas sekira 250 kilo watt yang dapat menempuh hingga 300 kilometer sekali isi ulang baterai.

Diketahui, bus tersebut baru ada satu unit yang diujicobakan di Bandara Soetta.

“Sebagai info tambahan jadi kenapa kita lakukan uji coba terbatas ini karena ingin lihat proses yangjsdi SOP kedepannya. Salah satu contoh bagaimana nanti charging station ini nanti bisa kita pasang di titik seperti apa yang ideal kemudian berapa lama nanti bus harus terkoneksi untuk proses charging di lokasi charging station,” papar Awaluddin.

Awaluddin menjelaskan, charging station tersebut berada di sebelah Stasiun Bandara Soetta. Sementara penambahan bus MAB akan menunggu persetujuan dari pihak terkait seperti Polresta Bandara Soetta dan pihak yang berkewajiban lainnya.

“Kita juga akan coba di sisi udara nantinya. Tentunya itu akan melalui persetujuan Dirjen Perhubungan Udara dan instansi terkait,” pungkasnya. (Rmt)