Home Berita Palu Gempa, Lion Air Batalkan Sejumlah Penerbangan dari dan ke Bandara Soetta

Palu Gempa, Lion Air Batalkan Sejumlah Penerbangan dari dan ke Bandara Soetta

0

Dampak gempa bumi yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) maskapai Lion Air Group, membatalkan sejumlah penerbangannya. Pembatalan penerbangan tersebut berlangsung hingga besok, Sabtu (29/9).

Lion Air Group, yakni Lion Air, Wings Air dan Batik Air menyampaikan keterangan status pembatalan penerbangan atau cancel flight menyusul adanya pemberitahuan resmi dari otoritas bandar udara atau notice to airmen (Notam) nomor H0737/18.

Bahwa penutupan operasional Bandar Udara Mutiara Sis Al-jufri, Palu, Sulawesi Tengah (PLW) mulai 28 September 2018 pukul 19.20 WITA sampai 29 September 2018 pada 19.20 WITA.

Kondisi tersebut dikarenakan dampak dari gempa bumi (earthquake). Adapun penerbangan yang dibatalkan dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, yakni ;

Pada hari ini, Jumat (28/9) adalah Lion Air JT-820 rute Tangerang – Palu.

Sementara pada Sabtu (29/9) esok adalah sebagai berikut ;

1. Lion Air JT-720 rute Tangerang – Palu
2. Lion Air JT-723 rute Palu – Tangerang
3. Batik Air ID-7585 rute Tangerang – Palu
4. Batik Air ID-6561 rute Palu – Tangerang

“Lion Air Group telah menginformasikan kepada seluruh pelanggan yang terganggu perjalanannya,” ujar Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications of Lion Air Group, Jumat (28/9/2018).

Sehubungan dengan hal tersebut lanjut Danang, pihaknya memberikan fasilitas kepada pelanggan, berupa pengembalian dana atau refund mengacu pada aturan pemerintah untuk kondisi force majeureyang terdapat dalam PM 185 tahun 2015.

“Bahwa dilakukan pemotongan biaya administrasi 10 persen dari harga tiket dasar yang telah dibayarkan oleh pelanggan,” ujarnya.

Namun, apabila penumpang melakukan perubahan jadwal penerbangan tidak dikenakan biaya tambahan hingga akhir Oktober 2018.

Lion Air Group, lanjut Danang, akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dalam memberikan keterangan sesuai situasi terbaru.

“Operasional Lion Air Group akan berjalan normal kembali setelah bandar udara di Palu dinyatakan aman untuk penerbangan,” pungkasnya. (Rmt)