Home Berita Catat! Cek Kamar ICU di RSUD Kota Tangerang Bisa Lewat Smartphone

Catat! Cek Kamar ICU di RSUD Kota Tangerang Bisa Lewat Smartphone

0

Masyarakat Kota Tangerang yang ingin mengecek kapasitas ruang Intensive Care Unit (ICU) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang, kini bisa melihatnya melalui smartphone atau handphone pintar. Caranya dengan mengunduh aplikasi RSUD KITA di Play Store.

Tak hanya untuk mengetahui kapasitas ICU saja, aplikasi tersebut juga terdapat informasi lainnya yang mencakup tentang RSUD Kota Tangerang.

Lulu Faradis, Kabag Humas RSUD Kota Tangerang mengatakan, karena banyaknya masyarakat yang datang ke RSUD Kota Tangerang sekedar mengecek kamar ICU, karena ingin memanjakan masyarakat juga akhirnya RSUD buat aplikasi tersebut.

“Kan banyak yang menanyakan soal ruang ICU, jadi di buat aplikasi dan sekarang bisa dipergunakan untuk mengecek langsung kamar ICU di aplikasi RSUD KITA,” ujar Lulu saat ditemui di kantornya, Selasa (27/11/2018).

Lulu menjelaskan, RSUD Kota Tangerang juga saat ini sudah menambah ruang ICU kedua, dan fasilitasnya sudah bisa digunakan. Namun, tengah dalam proses penambahan 10 bed.

“Alhamdulillah RSUD menyikapi tanggapan dari masyarakat sudah buka ruangan ICU kedua. Insya Allah kapasitasnya sudah bida digunakan. Kalau ruang yang pertama memiliki 4 bed,” tuturnya.

Kata dia, di ruangan ICU penanganan penyakit yang betul darurat, contohnya penyakit jantung yang diutamanakan. Terdapat list khusus juga untuk pasien yang harus di masukan ke ICU.

“Nah, ini yang perlu diketahui oleh masyarakat. Karena ada skala prioritas untuk masuk ke ruangan ICU, contohnya yang menyangkut nyawa itu lebih didahulukan. Di RSUD sendiri ada 150 ruangan,” cakapnya.

Ia menambahkan, penanganan RSUD banyak diapresiasi masyarakat. Pihaknya juga menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat apabila ruangan ICU penuh, dan masyarakat juga harus mengetahui mekanisme pasien yang harus ditangani terlebih dahulu.

“Mohon maaf apabila ruangan ICU di RSUD terkadang penuh. Karena kan masih ada pasien yang harus ditangani, tidak bisa langsung diusir saja. Banyak juga yang mengapresiasi kinerja RSUD lantaran pelayanan yang bagus, pasien betah, makanan enak dan perawatanya baik,” pungkasnya.

Dirut RSUD Kota Tangerang, Dr. Feriyansyah menambahkan aplikasi RSUD KITA saat ini sedang dalam maintenance yang mana aplikasi tersebut sedang di integritas dengan aplikasi pendaftaran BPJS online.

“Aplikasi saat ini sedang dalam proses integritas dengan aplikasi pendaftaran online BPJS, karena sebelumnya di aplikasi tersebut hanya untuk pasien non BPJS saja. Dan untuk maintenance insyaallah secepatnya akan selesai, karena IT BPJS dan IT RSUD sudah memasuki proses briging data,” tuturnya. (Amd)