Home Bandara Penyelundupan Ratusan Kilogram Ganja Digagalkan di Bandara Soetta

Penyelundupan Ratusan Kilogram Ganja Digagalkan di Bandara Soetta

0
Paket kiriman yang diduga berisi daun ganja kering di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.

Tim gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan Bea Cukai Soekarno-Hatta membongkar paket kiriman berisi daun ganja kering di Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang pada Rabu (30/1).

Kepala Bidang Kepatuhan Internal dan Layanan Informasi Bea Cukai Bandara Soetta, Dadan Farid membenarkan adanya peristiwa tersebut.

“Kami mendapatkan informasi adanya paket dengan penerima IMR rute Banda Aceh-Kuala Namu-Cengkareng. Selanjutnya team berkoordinasi dengan pihak gudang kargo domestik Bandara Soetta,” kata Dadan saat dihubungi tangerangonline.id, Kamis (31/1/2019).

Ia menjelaskan, sekira pukul 17.00 WIB si pengambil barang yang berinisial IMR ditemani seorang calo datang ke gudang domestik untuk mengambil paket kiriman barang tersebut.

“Tidak lama kemudian sekira Pukul 17.30 WIB, barang sejumlah 8 koli tersebut dimuat ke dalam mobil boks warna putih dan bergerak keluar dari (terminal) kargo, tetapi kemudian masuk lagi ke area kargo dan memindahkah barang tersebut ke dalam mobil kijang kapsul berwarna biru,” ungkap Dadan.

Pada saat memindahkan barang, pria berinisial IMR tersebut sempat pergi, dan kemudian tim gabungan melakukan Read Planning Execution (RPE) terhadap mobil ,sopir dan calo tersebut.

“Team melakukan upaya pengejaran dan menyisir area kargo bandara dan akhirnya IMR berhasil diamankan di sekitar bundaran pintu keluar kargo Bandara Soekarno-Hatta,” terang Dadan.

“Selanjutnya seluruh barang bukti sejumlah 8 koli seberat 302 kg daun ganja kering dan tersangka dibawa ke Bogor, Jawa Barat untuk digabungkan dengan Barang Bukti yang sebelumnya telah ditangkap oleh BNN,” pungkas Dadan. (Rmt)