Home Bandara BKIPM Jakarta I Awasi Hasil Perikanan di Pasar Tangerang

BKIPM Jakarta I Awasi Hasil Perikanan di Pasar Tangerang

0

Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jakarta I akan melakukan pengawasan rutin khususnya hasil perikanan yang beredar di pasaran seperti pasar tradisional dan pasar modern di Tangerang.

Kepala BKIPM Jakarta I, Habrin Yake mengatakan, pihaknya melakukan pengawasan tersebut dalam rangka mengawal Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

“Atas dasar ini, kami membentuk tim gabungan dari stakehoder yang terdiri dari personil KKP, dinas terkait, Badan POM serta Kepolisian setempat untuk turun langsung ke pasar-pasar yang menjadi tempat jual beli kebutuhan makanan khususnya Perikanan,” kata Habrin saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (21/3/2019).

Habrin menyebut, tim gabungan yang telah terbentuk langsung melakukan tersebut melakukan pengawasan makanan dan hasil perikanan yang ada di pasar.

“Kemarin, Rabu (20/4) tim gabungan telah melaksanakan pengawasan makanan dan hasil perikanan di pasar modern Intermoda Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang,” ucapnya.

Dalam pengawasan tersebut, Tim dari Balai Besar KIPM Jakarta 1 melakukan uji cepat dengan parameter formalin dan organileptik pada Ikan segar yang di jual pada pasar tersebut.

“Selain itu, Tim dari Balai Besar KIPM Jakarta 1 juga melakukan sampling untuk uji mikrobiologi pada Ikan segar yang dijual di pasar,” ujar Habrin.

Selanjutnya hasil dari pemeriksaan dan pengawasan itu akan dijadikan referensi untuk tindakan yang akan di ambil oleh Dinas terkait sebagai output dari kegiatan tersebut.

“Kegiatan serupa akan rutin kami gelar di pasar tradisional dan modern Tangerang dan Jakarta Barat,” pungkas Habrin. (Rmt)