Beranda Berita TRUTH Ingatkan Anggaran KIS Perlu Diawasi Bersama

TRUTH Ingatkan Anggaran KIS Perlu Diawasi Bersama

0

Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH) mengingatkan keberlangsungan program Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Tangerang Selatan (Tangsel) perlu menjadi perhatian bersama, baik pemerintah maupun masyarakat di Tangsel.

“Pengawasan pastinya perlu dilakukan agar Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel dapat menggunakan anggaran KIS dengan tepat,” terang Aktivis TRUTH, Jupry Nugroho saat dihubungi via pesan singkat, Jumat (12/4/2019).

Ia menambahkan, KIS dibuat untuk membantu masyarakat miskin yang ingin berobat dan di-cover dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Tentu jika melihat target belum mencapai 90 persen,” tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel, Deden Deni menuturkan, pengguna KIS mencapai 470.363 jiwa di Tangsel.

“Sementara yang sudah tercetak baru mencapai 300 ribuan kartu. Di Ciptim ada 58.530 pengguna KIS, yang sudah tercetak ada 48.960 kartu. Untuk pendistribusiannya hanya di Kecamatan Serpong Utara (Serut) yang belum sampai,” bebernya.

Deden berharap, bagi masyarakat Tangsel yang kondisinya sedang sakit dan butuh berobat serta keadaan ekonomi yang kurang mampu agar dapat memanfaat KIS.

“Semoga masyarakat yang kurang mampu ini dapat terbantukan jika memang sedang membutuhkan pengobatan di Puskesmas maupun RS di Tangsel,” pungkasnya. (vin)