Home Berita Penyuluhan PHBS di Pakuhaji, Masyarakat Diminta Aktif Jaga Kesehatan

Penyuluhan PHBS di Pakuhaji, Masyarakat Diminta Aktif Jaga Kesehatan

0

Kecamatan Pakuhaji bekerjasama dengan Puskesmas menggelar penyuluhan Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan sehat (PHBS) penting sekali untuk dilakukan setiap orang, mulai dari anak-anak, remaja hingga usia dewasa dan orang tua. Hal ini dikarenakan PHBS memiliki hubungan yang erat dengan kesehatan seseorang. Acara yang dilaksanakan di aula Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Senin (22/4/2019).

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Pakuhaji, Yandri Permana mengatakan, program hidup sehat nantinya warga bisa diterapkan dalam lingkungan keluarga. Serta peran aktif menolong diri sendiri dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.

“Kesehatan dijaga mulai dari diri pribadi, keluarga, anggotanya, tetangga dan lingkungan sekitar,” ujar Yandri Permana.

Yandri menambahkan, masyarakat agar jangan terpancing oleh berita hoax, pemilu sudah selesai nanti tinggal tunggu hasil dari real count KPU. Maka dari itu adanya penyuluhan kesehatan ini diharapkan yang hadir bisa mensosialisasikan kewarga sekitar.

“Kami berharap warga yang hadir bisa mengkampanyekan hidup sehat dan bersih kepada warga, sebagai tindak lanjut dari sosialisasi ini,” tukasnya.

Aftah dari program kesehatan puskesmas mengatakan untuk menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat harus melaksanakan 10 poin berikut:

1. Melahirkan harus ditolong tenaga kesehatan.
2. Pemberian ASI Ekslusif pada bayi selama 6 bulan, lalu pemberian ASI dan makanan pendamping sampai bayi berusia 2 tahun.
3. Lakukan penimbangan bayi setiap 3 bulan sekali
4. Penggunaan air bersih
5. Cuci tangan pakai sabun
6. Menggunakan toilet
7. Pemberantasan jentik nyamuk
8. Makan sayur- sayuran yang mengandung vitamin A
9. Olahraga 30 Menit per hari
10. Dilarang merokok dirumah.

Dikatakannya, tujuan dari program ini untuk meningkatkan kwalitas kesehatan melalui proses pengetahuan yang menjadi kontribusi bagi individu supaya menjalani perilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari.

“Kebersihan dan kesehatan menjadi kontribusi pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pola hidup sehat diharapkan warga bisa menjaga dan menerapkan dilingkungan masing-masing,” pungkasnya.(Sam)