Home Berita Kakek 72 Tahun Jadi Terdakwa Penyerobotan Tanah di Cikupa 

Kakek 72 Tahun Jadi Terdakwa Penyerobotan Tanah di Cikupa 

0

Seorang kakek berusia 72 tahun, H. Sobari harus duduk di kursi terdakwa Pengadilan Negeri Tangerang dengan dakwaan pasal 167 KUHAP yaitu penyerobotan tanah yang berlokasi di RT 12 RW 02, Desa Bunder Kecamatan Cikupa, Kamis (9/5/2019).

Seusai sidang yang berlangsung singkat, karena terdakwa meminta kepada MajelIs Hakim untuk didampingi Penasehat Hukum itu, menceritakan kasusnya.

“Tanah itu, tanah Negara dan saya sudah menggarapnya sejak tahun 1988 lalu,” jelasnya.

Tapi tiba-tiba pada tahun 2013 lalu ada seseorang yang bernama MS mengklaim tanah yang digarapnya seluas 50 ribu meter persegi itu adalah miliknya.

Klaim atas tanahnya itu, dikatakannya tidak hanya itu. Sebab sebelumnnya juga sudah ada 4 orang yang mengklaimnya dengan bukti Akta Jual Beli (AJB).

“Seluruh bukti surat kepemilikan atas klaim tanah itu sudah saya cek ke kelurahan dan Kecamatan , tapi tanah itu tidak terdaftar dalam buku C, kalau pun ada objek tanahnya berbeda,” tegasnya.

Sementara sepengetahuannya dari 3 orang penggarap sebelumnya sejak tahun 1947 tanah yang kini digunakannya untuk berusaha itu adalah tanah negara.

Sobari juga menegaskan akan sukarela melepaskan tanah itu apabila dikembaliksn kepada negara.

“Saya pasrah saja sambil menunggu ketetapan hukum  yang sah ,” ujarnya.

Sidang atas perkara itu sendiri akan dilanjutkan pada hari Kamis (16/5/2019) mendatang dengan agenda pembacaan dakwaan. (Adr)