Home Berita Polda Banten Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila

Polda Banten Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila

0

Polda Banten melaksanakan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila, di lapangan merah Polda Banten, Sabtu (01/06/2019) pukul 08.00 WIB. Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) adalah Kapolda Banten Irjend Pol. Drs. Tomsi Tohir, Msi yang diwakili oleh Irwasda Polda Banten Kombes Pol Drs.I Nyoman Labha Suradnya M.M dan Komandan Upacara Kompol Nurahman S.I.K.,M.M.

Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Hariyono, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menerangkan,
Pancasila mampu menyatukan semua sebagai satu bangsa dan hidup
dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
“Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “tanah air Indonesia”. Kesatuan gugusan pulau yang berada di antara dua Samudra, Pasifik dan Hindia, serta di antara dua Benua, Asia dan Australia, meneguhkan bahwa kita sebagai bangsa memiliki ruang hidup tanah-air sebagai satu kesatuan,” jelasnya.

Menurutnya, ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagaimana dalam konsep wawasan nusantara. Di wilayah Nusantara tumbuh flora dan fauna yang beragam. Keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari keindonesiaan.

“Demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang. Kita Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman,” ujar Irwasda membacakan sambutan tersebut.

Upacara, diikuti para Pejabat Utama bersama seluruh anggota dan ASN Polri Polda Bnaten. Upacara berlangsung dan selesai dengan tertib, lancar, aman dan khidmat. (ris)