Home Berita Akibat Sistem Zonasi, Bupati Ingin Bangun SMP Negeri Lagi

Akibat Sistem Zonasi, Bupati Ingin Bangun SMP Negeri Lagi

0

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar melakukan pemantauan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang digelar pada Senin (1/7/2019). Ia mengunjungi ke SMP N 3 Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Inspeksi mendadak dilakukan untuk memastikan proses PPDB berjalan lancar. Zaki mengklaim sejauh ini belum ditemui kendala yang berarti di lapangan.

Animo orang tua murid pun terlihat sangat tinggi menyekolahkan anak – anaknya di SMP N 3 itu. Ia mengungkapkan rasio lulusan SD tidak sebanding dengan jumlah siswa yang diterima di SMP Negeri.

“PPDB di SMPN 3 Tigaraksa berjalan lancar tidak ada kendala. Ada pun jumlah calon siswa yang mendaftar sangat tinggi. Sehingga yang tertampung di sekolah – sekolah Negeri yang ada di Kabupaten Tangerang kurang lebih 50 persen saja,” ujar Zaki.

Zaki menambahkan, kedepan pihaknya rencanakan akan terus membangun sekolah – sekolah SMP Negeri baru. Terutama di wilayah yang jumlah populasi penduduknya tinggi.

“Karena dengan sistim zonasi seperti ini tentunya membuat kita untuk terus membangun sekolah dekat dengan masyarakat terutama wilayah padat,” ucapnya.

Agus Sasono selaku Kepala SMP N 3 Tigaraksa menerangkan di sekolah ini yang diterima sebanyak 256 siswa. Akan tetapi jumlah pendaftar sangat tinggi sekali, bahkan dari subuh sudah banyak wali murid yang datang ke sekolah untuk mendaftar.

“Sesuai dengan Permendikbud No. 20 Tahun 2019 penerimaan siswa baru di SMP 3 dan seluruh SMP N di Kabupaten Tangerang menggunakan sisitem zonasi. Dengan kapasitas 80 persen zonasi, 15 persen prestasi, dan 5 persen peripindahan,” kata Agus. (ris)