Home Bandara BKIPM Bandara Soetta Gelar Bersih-Bersih Pantai Tanjung Pasir

BKIPM Bandara Soetta Gelar Bersih-Bersih Pantai Tanjung Pasir

0

Puluhan pegawai dan karyawan yang sehari-hari bekerja di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) melakukan aksi membersihkan Pantai Tanjung Pasir, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Rabu (17/7/2019). Sebanyak 100 kilogram sampah plastik dikumpulkan.

Aksi yang digelar dalam rangka Bulan Bakti ini diselenggarakan oleh Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jakarta I.

Aksi bersih-bersih ini diikuti sedikitnya 100 peserta yang terdiri dari pegawai BKIPM Jakarta I, Karyawan PT Mitra Jayakarta Persada (MJP Cargo) dan karyawan CV Muara Laut. Sejumlah anggota TNI AL juga ikut dalam aksi ini.

Kepala Bagian Umum BKIPM Jakarta I, Dikry Novel Shatrie mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan bulan bakti yang telah berlangusng sejak 23 Juni 2019 lalu.

“Kita ingin ikut dalam kepedulian lingkungan khususnya di pantai. Tujuan kami untuk membersihkan sampah di pesisir, tapi lebih fokus lagi pada sampah-sampah plastik yang sulit terurai,” kata Dikry di lokasi.

Menurut Dikry, kegiatan ini juga sekaligus sosialisai kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kebersihan pantai. Terlebih, Pantai Tanjung Pasir merupakan salah satu objek wisata di Tangerang.

“Ini sekaligus sosialisasi betapa pentingnya menjaga kebersihan. Semoga masyarakat yang berkunjung ke pantai ini dapat menjaga kebersihan,” tuturnya.

Bulan bakti BKIPM Jakarta I ini akan berakhir pada 23 Juli 2019 mendatang. Sebelumnya BKIPM Jakarta I juga telah melaksanakan pekan pelayanan publik, Bazar produk perikanan murah, donor darah dan santunan.

Penyerahan Tempat Sampah

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan tempat sampah kepada Pos TNI AL Tanjung Pasir. Sebanyak 12 tempat sampah diserahkan oleh Direktur MJP Cargo, Jahaya kepada Kadispotmar Lantamal 3, Letkol Laut (P) Agus Djatmiko.

Direktur PT Mitra Jayakarta Persada (MJP Cargo), Jahaya mengatakan, penyerahan tempat sampah tersebut merupakan kepedulian pihaknya dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Selagi masih bisa dilakukan pencegahan, kita harus mengurangi pemakaian plastik secara berkala. Semua itu demi kebaikan kita sendiri kok,” kata Jahaya.

Dirinya menyebut, mengurangi pemakaian plastik bukan hanya kampanye saja. Akan tetapi, pihaknya telah menerapkan hal ini dalam lingkungan MJP Cargo di Bandara Soetta.

“Di lingkungan bekerja pun, kami sudah meniadakan penggunaan kemasan makanan dan minuman berbahan plastik. Hal ini sudah kami kami lakukan kurang lebih setahun,” tuntas Jahaya. (Rmt)